Wi-Fi 7 resmi diluncurkan dengan kecepatan internet empat kali lebih ngebut

Wi-Fi 7 resmi diluncurkan dengan kecepatan internet empat kali lebih ngebut

Techno.id - Wi-Fi Alliance secara resmi mengumumkan Wi-Fi 7 di acara CES 2024 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, belum lama ini. Selama ini banyak spesifikasi standar Wi-Fi baru telah beredar secara online. Namun pengumuman Wi-Fi Alliance akhirnya menjelaskan apa yang dapat diharapkan dari Wi-Fi terbaru ini.

Wi-Fi 7 menghadirkan peningkatan penting pada teknologi Wi-Fi, paling tidak pada kecepatan Wi-Fi yang dapat diharapkan untuk digunakan di rumah dan di tempat lain, bersama dengan peningkatan bandwidth dan jumlah keseluruhan data yang dapat dikirim ke beberapa perangkat secara bersamaan. Berikut peningkatan pada Wi-Fi 7.

Wi-Fi 7 resmi diluncurkan dengan kecepatan internet empat kali lebih ngebut foto: wi-fi alliance

1. Wi-Fi lebih cepat

Wi-Fi 7 dirancang untuk memberikan throughput maksimum hingga 40Gbps dan 46Gbps, lebih dari tiga kali lebih cepat daripada Wi-Fi 6 yang 9,6 Gbps.

2. Saluran Wi-Fi 320MHz

Wi-Fi 7 akan mendukung bandwidth saluran yang lebih luas, hingga 320 MHz, dibanding maksimum 160 MHz pada Wi-Fi 6. Hal ini memungkinkan transmisi data yang lebih efisien dan dapat meningkatkan throughput secara signifikan.

3. Operasi Multi-Link (MLO)

MLO memungkinkan perangkat mengirim dan menerima data melalui beberapa pita frekuensi secara bersamaan, meningkatkan keandalan, dan mengurangi latensi antar perangkat penggna. MLO adalah salah satu perkembangan Wi-Fi 7 yang paling menarik, karena akan meningkatkan jumlah pemrosesan data yang tersedia antara router dan perangkat pengguna secara besar-besaran.

4. Modulasi tingkat tinggi

Wi-Fi 7 akan dikirimkan dengan QAM 4K (Quadrature Amplitude Modulation), selangkah lebih maju dari 1024-QAM yang digunakan di Wi-Fi 6. Ini berarti lebih banyak data dapat ditransmisikan dengan setiap sinyal, meningkatkan kecepatan data secara keseluruhan, yang berarti koneksi internet yang terasa lebih cepat.

Peningkatan Wi-Fi 7 lainnya, seperti 512 compressed block-ack dan triggered uplink access, juga akan meningkatkan kapasitas jaringan Wi-Fi 7 dan mengurangi latensi.

Perbandingan Wi-Fi 7

Wi-Fi 7 resmi diluncurkan dengan kecepatan internet empat kali lebih ngebut foto: freepik

Dalam hal kecepatan langsung, Wi-Fi 7 diklaim empat kali lebih cepat dari pendahulunya, Wi-Fi 6E, yang diluncurkan pada tahun 2021. Wi-Fi 7 dapat mengirimkan data dengan kecepatan maksimum sekitar 40Gbps, meskipun selalu perlu diperhatikan bahwa ini adalah maksimum yang sempurna di laboratorium dan bukan yang akan pengguna dapatkan di rumah.

Namun, peningkatan kecepatan Wi-Fi secara keseluruhan akan menonjol, terutama jika semua perangkat lain di rumah menggunakan teknologi Wi-Fi 7 yang sama.

Selain itu, Wi-Fi 7 menggunakan pita Wi-Fi 6GHz "baru", menghadirkan lebih banyak bandwidth ke jaringan rumah. Pita Wi-Fi 6GHz diperkenalkan pada Wi-Fi 6E dan dirancang untuk mengurangi kemacetan jaringan pada pita Wi-Fi tradisional 2,4 GHz dan 5GHz. Pita ekstra dan kecepatan ekstra dari Wi-Fi 7 akan memberikan dorongan di seluruh jaringan pengguna.

Lompatan ke QAM 4K juga akan membantu Wi-Fi pengguna terasa lebih cepat dari sebelumnya. Wi-Fi 6/6E keduanya menggunakan 1024-QAM, sedangkan Wi-Fi 7 menggunakan 4096-QAM untuk menghasilkan kecepatan transmisi data hingga 20 persen lebih tinggi. Dalam hubungannya, jumlah aliran spasial berlipat ganda dari delapan menjadi 16 dengan Wi-Fi 7, sekali lagi meningkatkan throughput data.

Menentukan seberapa cepat Wi-Fi 7 dan perbandingannya dengan Wi-Fi 6 / 6E tidak selalu mudah, karena juga bergantung pada koneksi internet pengguna. Namun, peningkatan keseluruhan Wi-Fi 7 akan menghadirkan internet yang terasa lebih cepat ke perangkat pengguna.

Apakah layak membeli perangkat Wi-Fi 7 sekarang?

Wi-Fi 7 resmi diluncurkan dengan kecepatan internet empat kali lebih ngebut foto: freepik

Saat ini, pengguna tidak perlu terburu-buru membeli router berkemampuan Wi-Fi 7. Meskipun spesifikasi Wi-Fi 7 bagus di atas kertas, peluncuran resmi standar Wi-Fi ini baru saja dilakukan dan tidak banyak perangkat di luar sana yang mendukung teknologi baru tersebut.

Misalnya, router TP-Link BE19000 Wi-Fi 7 dan router ASUS RT-BE96U Wi-Fi 7 yang telah tersedia selama berbulan-bulan. Tetapi sampai pengguna memiliki perangkat yang mumpuni di jaringan yang benar-benar dapat memanfaatkan Wi-Fi 7, kemungkinan besar saat ini pengguna masih akan tetap menggunakan router Wi-Fi yang ada.

Demikian pula, beberapa smartphone sudah mendukung Wi-Fi 7, seperti OnePlus 12, Vivo S18 Pro, dan ASUS ROG Phone 8 Pro, tetapi perlu pembaruan agar berfungsi dengan baik. Untuk saat ini, yang jelas tidak perlu terburu-buru membeli router, ponsel cerdas, dan laptop Wi-Fi 7 baru.

(brl/red)