5 Tips untuk membantu mendapatkan masa pakai baterai smartwatch yang lebih awet

5 Tips untuk membantu mendapatkan masa pakai baterai smartwatch yang lebih awet

Techno.id - Sama seperti smartphone, masalah terbesar smartwatch adalah masa pakai baterai. Fakta yang ada, setelah sekitar 24 jam dari pengisian daya, sisa baterai smartwatch sekitar 40-45%. Itu tidak buruk. Faktanya, smartwatch mendapatkan lebih dari 30 jam dari pengisian penuh.

Namun masih banyak pengguna yang selalu berusaha mengambil langkah-langkah untuk memperpanjang waktu antara pengisian daya. Untungnya, ada beberapa cara untuk memperpanjang masa pakai baterai.

1. Nonaktifkan layar selalu aktif

5 Tips untuk membantu mendapatkan masa pakai baterai smartwatch yang lebih awet foto: freepik/qeaql-studio

Banyak pengguna yang selalu mengaktifkan fitur always on screen. Namun, fitur ini menguras baterai. Dengan fitur ini dinonaktifkan, pengguna hanya perlu mengangkat pergelangan tangan atau mengetuk tampilan jam untuk melihat tampilan.

Untuk menonaktifkan fitur ini, buka aplikasi dan buka Tampilan & Gerakan. Dari halaman tersebut, ketuk penggeser Hidup/Mati untuk Layar Selalu Aktif dan pastikan Tilt-To Wake atau Touch-To Wake diaktifkan.

2. Persingkat batas waktu layar

5 Tips untuk membantu mendapatkan masa pakai baterai smartwatch yang lebih awet foto: freepik

Berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk melihat waktu di jam tangan kamu? Sepuluh, 15, atau 30 detik? Ketiga opsi tersebut adalah batas waktu yang tersedia di smartwatch. Jika kamu dapat memiringkan pergelangan tangan dan memeriksa waktu dalam 10 detik, disarankan menggunakan opsi itu.

3. Kurangi intensitas getaran

5 Tips untuk membantu mendapatkan masa pakai baterai smartwatch yang lebih awet foto: freepik

Di aplikasi Pengaturan Jam Tangan, ketuk Getaran. Pada halaman yang dihasilkan, gulir ke bawah hingga kamu melihat Getaran Dering, Getaran Notifikasi, dan Getaran Alarm. Kamu akan melihat masing-masing pengaturan tersebut memiliki penggeser -/+.

Gerakkan penggeser ke arah kiri untuk mengurangi intensitas getaran, yang akan sedikit membantu memperpanjang masa pakai baterai. Di halaman yang sama, kamu dapat menonaktifkan haptic umpan balik Sentuh dan Kenop untuk lebih meningkatkan masa pakai baterai.

4. Nonaktifkan kecerahan adaptif

5 Tips untuk membantu mendapatkan masa pakai baterai smartwatch yang lebih awet foto: freepik

Fitur Kecerahan Adaptif menambah atau mengurangi kecerahan tampilan jam tangan, berdasarkan lingkungan sekitar. Kamu dapat menonaktifkan fitur ini untuk memperpanjang masa pakai baterai, tetapi kamu kemudian perlu menyesuaikan kecerahan layar secara manual sesuai kebutuhan.

Untuk menonaktifkan Kecerahan Adaptif, geser ke bawah pada tampilan jam dan ketuk ikon kecerahan. Pada halaman yang dihasilkan, ketuk penggeser Nyala/Mati untuk Kecerahan Adaptif hingga berada di posisi Mati. Ingat, layar yang kurang terang akan menggunakan lebih sedikit baterai.

5. Nonaktifkan GPS

5 Tips untuk membantu mendapatkan masa pakai baterai smartwatch yang lebih awet foto: freepik/syda productions

Kamu bisa mendapatkan penghematan baterai yang signifikan dengan mematikan GPS. Jika kamu seorang pelari atau melakukan aktivitas luar ruangan lainnya, dan ingin melacak sesi tersebut, kamu harus ingat untuk menyalakan kembali GPS saat diperlukan.

Tetapi ketika baterai hampir habis, matikan GPS. Untuk melakukannya, buka pengaturan, lalu ketuk Lokasi. Di halaman berikutnya, gulir ke bawah hingga kamu melihat entri Gunakan Lokasi. Ketuk penggeser Hidup/Mati hingga berada di posisi Mati. Setelah Anda selesai melakukannya, keluar dari pengaturan dan selesai.

(brl/red)