5 Tips maksimalkan konten live stream di SnackVideo untuk UMKM

5 Tips maksimalkan konten live stream di SnackVideo untuk UMKM

Techno.id - Saat ini tidak sedikit pelaku UMKM di Indonesia yang memanfaatkan media sosial sebagai saluran promosi dan meningkatkan brand awareness. Berbagai konten promosi dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian dan kesadaran konsumen terhadap produk, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan yang maksimal.

Satu dari banyaknya platform media sosial yang saat ini tengah gencar dimanfaatkan pelaku UMKM adalah platform video pendek. SnackVideo sebagai salah satu platform media sosial video pendek, ikut memberi dukungan kepada para pelaku UMKM dalam penggunaan konten video pendek untuk mengoptimalkan promosi bisnis mereka.

Head of Marketing SnackVideo Indonesia Dina Bhirawa dalam keterangan resminya menyebutkan saat ini, pengguna aktif SnackVideo telah mencapai 43 juta di seluruh Indonesia. Jika UMKM dapat memanfaatkannya dengan tepat melalui konten-konten yang informatif dan menarik mengenai produknya, maka promosi melalui video pendek di SnackVideo akan menjadi semakin efektif.

Salah satu strategi berwirausaha yang saat ini sedang tren melalui platform video pendek dan banyak dilakukan pelaku UMKM adalah live streaming. Berikut tips yang harus dipersiapkan untuk live streaming di SnackVideo.

1. Menentukan jenis konten

5 Tips maksimalkan konten live stream di SnackVideo untuk UMKM foto: freepik/freedomz

Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk (misal untuk produk beauty), games dan challenge, mukbang (untuk produk food dan beverages), menari, atau bernyanyi. Jika live streaming untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih penonton.

2. Pilih waktu yang tepat

5 Tips maksimalkan konten live stream di SnackVideo untuk UMKM foto: techno.id/yani andriyansyah

Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan live streaming sesuai demografi dari pengguna yang menjadi sasaran. Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.

3. Pemilihan host yang tepat

5 Tips maksimalkan konten live stream di SnackVideo untuk UMKM foto: snackvideo

Pilih host yang terlihat menarik dengan pakaian yang terlihat sopan dan rapi, rambut ditata dengan rapi, serta mengaplikasikan make up untuk host perempuan. Hindari penampilan host yang seksi dan vulgar.

4. Host bersikap ramah dan bersahabat

5 Tips maksimalkan konten live stream di SnackVideo untuk UMKM foto: freepik/tirachardz

Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menyapa penonton, terutama penonton yang sudah rutin menonton live streaming. Lakukan interaksi dengan membaca dan merespons komen-komen dari penonton, terutama yang berkaitan dengan informasi produk. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih jika ada penonton yang memberikan gift.

5. Jangan lupa persiapkan setting dan perlengkapan

5 Tips maksimalkan konten live stream di SnackVideo untuk UMKM foto: techno.id/yani andriyansyah

Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas tapi tidak memenuhi layar ponsel.

(brl/red)