PlayStation bakal luncurkan streaming game cloud PS5

PlayStation bakal luncurkan streaming game cloud PS5

Techno.id - PlayStation mengumumkan streaming game cloud untuk pemilik PlayStation 5 yang bakal hadir pada 23 Oktober. Fitur ini akan tersedia untuk anggota PlayStation Plus Premium. Ini merupakan tingkatan tertinggi dari langganan PlayStation Plus.

Streaming PlayStation Plus ini memungkinkan pengguna memainkan game dari Katalog Game Plus, dari koleksi pengguna sendiri, dan uji coba game, melalui internet.

Manfaat utamanya, pengguna tidak perlu lagi menginstal game-game ini ke penyimpanan PlayStation 5. Artinya, lebih sedikit game yang perlu di-upload, lebih sedikit waktu untuk menunggu data diunduh. Apalagi jika beberapa game berukuran lebih dari 100GB.

PlayStation bakal luncurkan streaming game cloud PS5 foto: playstation

Berikut ini adalah beberapa judul game yang bisa menikmati streaming game cloudPlayStation 5.

1. Dead Island 2

2. Fall Guys

3. Fortnite

4. Genshin Impact

5. Tsushima Ghost

6. Hogwarts Legacy

7. Horizon Forbidden West

PlayStation bakal luncurkan streaming game cloud PS5 foto: playstation

8. Marvel's Spider-Man: Miles Morales

9. Mortal Kombat 11

10. Resident Evil 4

11. Saints Row IV

12. The Calisto Protocol

13. The Witcher 3: Wild Hunt

Dalam keterangan resmi yang dilansir situs resminya, Wakil Presiden Senior Sony Interactive Entertainment, Nideaki Nishino mengatakan Playstation berencana memiliki ratusan judul game PS5 untuk mendukung manfaat baru ini.

Cara kerja streaming game PlayStation 5

PlayStation bakal luncurkan streaming game cloud PS5 foto: playstation

Bagian penting yang perlu diperhatikan di sini adalah streaming game PlayStation 5 tidak benar-benar memberikan akses ke game-game ini. Tetapi ini hanyalah cara lain untuk memainkan game yang sudah dimiliki oleh pemilik PlayStation Plus melalui Katalog Game layanan, Uji Coba Game, atau hanya dengan memilikinya.

Streaming game PlayStation 5 juga cukup terbatas dibanding dengan Xbox Game Pass, karena pada saat peluncuran, pengguna hanya bisa melakukan streaming dari konsol itu sendiri.

Dengan Game Pass Ultimate, kamu bisa memainkan game Xbox di ponsel. Namun, Sony memiliki rencana besar untuk streaming game. Perangkat genggam streaming PlayStation Portal akan diluncurkan pada 15 November.

Fitur tersebut dapat menyiarkan hingga resolusi 4K, 60 frame per detik, dalam HDR jika tersedia. Suara surround dan audio Tempest 3D Audiotech juga tersedia. Sony mengatakan bahwa pengguna memerlukan koneksi internet minimal 38mbps untuk melakukan streaming 4K, 15mbps untuk 1080p.

PlayStation bakal luncurkan streaming game cloud PS5 foto: playstation

Selain itu ada persyaratan minimum 5mbps, meskipun streaming dengan koneksi seperti itu kemungkinan tidak akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Sony berencana meluncurkan fitur baru ini di Jepang pada 17 Oktober, di Inggris dan Eropa pada 23 Oktober, dan di Amerika Utara pada 30 Oktober. Sayangnya belum ada informasi mengenai wilayah lain di dunia, termasuk Indonesia.

Tentu saja ini bukan pertama kalinya PlayStation Plus menggunakan streaming game. Setiap kali pengguna memainkan game PlayStation 3 dari Katalog Game, game tersebut di-streaming melalui internet di rumah. Yang jelas, perkembangan ini membuat streaming game PlayStation semakin mendekati kesetaraan dengan Xbox.

(brl/red)