5 Langkah mengaktifkan fitur WhatsApp Reaction, mudah dan cepat

image

Techno.id - Dengan hadirnya teknologi jaringan internet, berbagai platform hadir untuk memberikan layanan berkomunikasi secara mudah. Salah satu tempat untuk berkomunikasi secara digital adalah WhatsApp. Ya, aplikasi yang sering di sebut "WA" tersebut diandalkan pengguna smartphone di hampir seluruh penjuru dunia. Pasalnya ada segudang fitur yang menarik dan mudah untuk digunakan.

WhatsApp yang kini dikelola oleh Meta baru saja mengeluarkan fitur baru yaitu WhatsApp Reaction. Fitur tersebut merupakan salah satu update besar-besaran yang akan dilakukan oleh WhatsApp di tahun ini. Dengan adanya fitur WhatsApp Reaction ini, diharapkan pengguna akan lebih menikmati keseruan chatting bersama kontak yang dimiliki.

WhatsApp Reaction merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengirimkan emoji pada pesan yang dikirim. Artinya pengguna dapat mengirimkan reaksi pesan yang diterima secara langsung dengan 6 emoji yang tersedia. Tentu fitur reaksi ini bukan hal yang baru bahkan asing untuk pengguna media sosial di bawah naungan Meta. Karena fitur yang saat ini sedang dalam masa uji coba bagi pengguna WA di beberapa negara tersebut sudah tersedia pada Facebook maupun Instagram.

Fitur WhatsApp Reaction diluncurkan pada Kamis (5/5) dengan ditandai dengan postingan akun Facebook resmi Mark Zuckerberg.

"Reaksi di WhatsApp mulai diluncurkan hari ini" beber Mark.

WhatsApp Reaction  berbagai sumber

foto: facebook.com/zuck

Untuk saat ini WhatsApp Reaction baru tersedia dengan 6 emoji yaitu jempol, hati, tertawa, sedih, terkejut, dan simbol terima kasih. Namun pihak developer akan menambah varian emoji yang dapat diterapkan para WhatsApp.

WhatsApp Reaction sudah dapat digunakan untuk beberapa pengguna WhatsApp di tanah air. Fitur ini tersedia pada WhatsApp versi 2.22.11.9. Adapun untuk cara menggunakannya, kali ini techno.id pada Senin (9/5) akan memebrikan 5 langkah untuk mengaktifkan WhatsApp Reaction. Yuk simak langkah-langkahnya.

1. Silakan untuk update WhatsApp ke versi 2.22.11.9 atau yang terbaru. Pembaharuan bisa dilakukan melalui toko aplikasi perangkat masing-masing.
2. Setelah update selesai, silakan untuk masuk ke pengaturan atau setelan WhatsApp.
3. Pilih opsi notifikasi.
4. Aktifkan pada pilihan "Notifikasi reaksi". Cara cukup geser toggle ke kanan.
5. Tekan centang setelah selesai merubah pengaturan notifikasi tersebut.

Menggunakan fitur WhatsApp cukup mudah. Pengguna cukup menekan pesan dan tahan atau hold pesan yang ingin ditanggapi. Kemudian akan muncul pop-up yang menunjukan 6 emoji yang tersedia. Emoji tersebut terletak tepat pada bagian bawah pesan. Silakan pilih reaksi emoji yang akan dikirim.

Pengguna dapat memberikan reaksi berkali-kali. Bahkan reaksi sebelumnya bisa dihapus. Penerima reaksi pesan WA akan diberi notifikasi seperti pesan baru yang masuk. Cukup menarik bukan.

Sayangnya fitur WhatsApp Reaction belum tersedia untuk seluruh pengguna. Pihak developer masih melakukan pendistribusian secara berkala agar fitur ini dapat dinikmati bersama. Jadi apabila WhatsApp sudah dilakukan update namun fitur baru belum muncul, mohon untuk bersabar terlebih dahulu.


(brl/guf)