5 fitur tersembunyi Google Docs yang wajib dicoba, bisa translate ke semua bahasa

5 fitur tersembunyi Google Docs yang wajib dicoba, bisa translate ke semua bahasa

-

3. Fitur Voice Typing

5 fitur tersembunyi Google Docs yang wajib dicoba, bisa translate ke semua bahasa (Foto: Youtube.com)

Fitur ini memungkinan pengguna untuk mengetik dengan menggunakan suara dalam artian tidak perlu lagi menggunakan tangan (hands-free). Untuk menggunakan layanan ini pastikan akses mikrofon perangkat di Google Docs sudah aktif, lalu pilih opsi Tools/Alat pada dasbor di bagian atas. Setelahnya pilih opsi voice typing dengan simbol mikrofon di sampingnya. Jika mikrofon sudah muncul di layar Google Docs, pengguna dapat langsung mengetik dengan menggunakan suara.

4. Fitur Embed Document

5 fitur tersembunyi Google Docs yang wajib dicoba, bisa translate ke semua bahasa (Foto: Youtube.com)

Embed Document adalah fitur yang berfungsi untuk menyematkan dokumen ke halaman website sehingga pengunjung website dapat membuka, melihat, atau mengunduh dokumen tersebut sesuai dengan pengaturan yang telah diatur saat dokumen diunggah. Berikut ini caranya. Buka Google Docs yang ingin disematkan dan klik pada opsi File di bagian atas dasbor. Pilih opsi Publish to the web dari menu yang muncul.

Setelah itu, pilih tab Embed dan pilih ukuran tampilan yang ingin digunakan untuk dokumen tersebut. Jika ingin mengubah pengaturan lain seperti apakah dokumen tersebut dapat diunduh atau tidak, atur pengaturannya di bagian bawah layar.

Jika ingin mengunggah dokumen, cukup klik tombol Publish, setelah berhasil, salin kode HTML yang terdapat di kotak "Embed Code" pada layar tersebut. Tempelkan kode HTML pada halaman website kamu dengan menggunakan editor HTML atau CMS yang digunakan.

5. Membuat Daftar Isi Otomatis

5 fitur tersembunyi Google Docs yang wajib dicoba, bisa translate ke semua bahasa (Foto: Custom Guide)

Membuat daftar isi secara manual akan cukup memakan waktu, namun di Google Docs pengguna dapat membuat daftar isi dengan menggunakan fitur table of content. Cukup klik opsi Insert di dasbor atas, kemudian klik opsi Table of contents. Di sini terdapat bermacam tipe daftar isi dan tinggal pilih sesuai dengan yang diinginkan.

(brl/red)