5 Cara praktis buat link WhatsApp, bisa manual dan otomatis

5 Cara praktis buat link WhatsApp, bisa manual dan otomatis

Techno.id - WhatsApp merupakan sebuah platform untuk berkomunikasi yang diandalkan sampai saat ini. Aplikasi yang kini tengah dikembangkan oleh Meta ini memiliki segudang fitur. Mulai chatting menggunakan emoji, stiker dan GIF, melakukan panggilan grup, hingga fitur story. WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengirimkan file seperti foto maupun dokumen penting secara cepat.

WhatsApp juga dapat dipakai untuk media bisnis seseorang. Terlebih terdapat WA versi bisnis resmi yang dikeluarkan oleh Meta. Dengan begitu calon costumer lebih cepat berinteraksi kepada penjual untuk transaksi selanjutnya.

Platform WhatsApp yang semula menjadi wadah berkomunikasi, kini telah bertransformasi selayaknya media sosial. Seseorang dapat melakukan kontak digital secara langsung dengan cepat dan mudah. Bahkan interaksi dengan WhatsApp dapat dikatakan lebih intens dibandingkan platform lainnya.

Akan tetapi pengguna seringkali mendapati masalah saat akan berinteraksi menggunakan WhatsApp. Karena apabila seseorang tidak memiliki nomor kontak yang dituju, maka pengguna tidak dapat melakukan chat atau panggilan telepon WA. Oleh karena itu, developer WhatsApp memberikan fitur click to chat untuk memulai obrolan dengan sebuah link WA.

Fitur click to chat sangat membantu pengguna karena dapat melakukan komunikasi tanpa menyimpan kontak. Tautan yang telah disiapkan oleh pengguna juga dapat dibagikan ke media sosial lain untuk memudahkan dalam berinteraksi. Hasilnya jika ada pengguna lain yang ingin melakukan kontak namun tidak memiliki nomor, bisa langsung klik tautan WA tersebut.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur click to chat tersebut? Kali ini techno.id pada Kamis (14/9) merangkum 5 cara praktis buat link WhatsApp yang dihimpun dari berbagai sumber. Yuk simak rinciannya.

1. Buat link secara manual.

5 Cara praktis buat link WhatsApp, bisa manual dan otomatis

foto: pixabay.com

Pengguna dapat membuat sebuah tautan nomor WhatsApp secara manual. Terdapat rumus tertentu untuk membuat link WA pribadi atau bisnis. Namun sebelumnya, pastikan nomor WhatsApp telah aktif dan siap untuk digunakan.
Pengguna hanya perlu menuliskan: https://api.whatsapp.com/send?phone=628123456789
Perlu dicatat, silakan untuk menuliskan awalan nomor dengan "62" untuk menggantikan angka "0".

2. Menggunakan wa.me.

5 Cara praktis buat link WhatsApp, bisa manual dan otomatis

foto: pixabay.com

Pengguna dapat membuat link WhatsApp menggunakan "wa.me". Cara ini dinilai cepat untuk mendapatkan tautan untuk dibagikan. Pengguna hanya perlu menuliskan https://wa.me/nomor telephone. Sebagai contoh https://wa.me/62812345678910. Tetap awali nomor WA dengan "62" untuk menggantikan "0"

3. Menggunakan engine generator.

5 Cara praktis buat link WhatsApp, bisa manual dan otomatis

foto: pixabay.com

Pengguna juga dapat menggunakan engine generator untuk membuat link WhatsApp. Pengguna tidak perlu repot untuk menuliskan nomor dan rumus terlebih dahulu. Sebab aplikasi generator akan secara otomatis menuliskan rumusnya untuk pengguna. Pengguna dapat memakai aplikasi PostCron, WASAP, wa.link, dan masih banyak lagi. Pemilik akun tinggal menuliskan nomor yang dimiliki pada kolom yang telah disediakan saja.

4. Menggunakan bit.ly.

5 Cara praktis buat link WhatsApp, bisa manual dan otomatis

foto: pixabay.com

Bagi kamu memiliki akun WhatsApp bisa menggunakan bantuan URL shortener seperti Bit.ly untuk membuat link WA. Menggunakan bit.ly bisa meringkas link yang telah dibuat sebelumnya. Hasilnya pengguna yang ingin membagikan link WA ke media sosial lain bisa lebih efisien. Untuk cara menggunakannya bisa mengikuti langkah berikut ini:

- Silakan buka situs web Bitly melalui: https://bitly.com/
- Kamu akan menemukan kolom besar di tengah halaman, masukkan link WA yang hendak digunakan
- Setelah itu klik Shorten
- Hasil link WhatsApp yang sudah diringkas oleh laman bit.ly akan muncul di bawah kolom
- Silakan salin link untuk mendapatkan hasilnya.

5. Menggunakan grup chat.

5 Cara praktis buat link WhatsApp, bisa manual dan otomatis

foto: pixabay.com

Beberapa cara sebelumnya bisa dipakai untuk melakukan chat pribadi. Lebih lanjut, pengguna juga dapat membagikan link WA grup loh. Tujuannya agar grup yang telah dibuat dapat terisi dengan cepat. Hal ini mempermudah admin agar tidak memasukan peserta satu persatu. Admin tinggal membagikan tautan ke peserta, kemudian pengguna yang dituju tinggal mengklik link tersebut. Berikut cara untuk membuat link WhatsApp Grup:

- Silakan buka chat room untuk dibuat link WA.
- Pastikan pengguna memiliki akses sebagai admin untuk grup.
- Klik ikon tiga titik pada pojok kanan atas.
- Kemudian pilih opsi Group info dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi Invite via Link
- Pengguna akan menemukan link pada bagian atas untuk dapat disalin.
- Pilih Copy Link, Share Link atau Send Link via WhatsApp untuk membagikan link tersebut.

Pengguna juga dapat melakukan reset link apabila dibutuhkan. Namun akibatnya link yang telah dibagikan sebelumnya otomatis tidak berlaku kembali. Selain menggunakan link, pengguna juga dapat masuk ke grup ataupun chatting menggunakan QR code yang telah disediakan.

Itulah beberapa cara untuk membuat link WhatsApp. Cukup mudah bukan. Selamat mencoba!


(brl/guf)