5 Cara mencegah ponsel dibajak orang tak bertanggung jawab, simak penjelasannya

5 Cara mencegah ponsel dibajak orang tak bertanggung jawab, simak penjelasannya

Cara mengatasi agar ponsel tidak dibajak

3. Aktifkan fitur pelacakan

5 Cara mencegah ponsel dibajak orang tak bertanggung jawab, simak penjelasannya foto: unsplash/henry perks

Aktifkan fitur pelacakan seperti Find My Device (untuk Android) atau Find My iPhone (untuk iOS). Fitur ini memungkinkan kamu melacak lokasi ponsel jika hilang atau dicuri. Kamu juga dapat mengunci atau menghapus data dari jarak jauh.

4. Hati-Hati dengan aplikasi yang diunduh

5 Cara mencegah ponsel dibajak orang tak bertanggung jawab, simak penjelasannya foto: unsplash/arpad czapp

Pastikan kamu hanya mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS). Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal karena ini dapat membahayakan keamanan ponsel kamu. Selalu baca ulasan dan peringkat aplikasi sebelum mengunduhnya.

5. Aktifkan autentikasi dua faktor

5 Cara mencegah ponsel dibajak orang tak bertanggung jawab, simak penjelasannya foto: freepik/rawpixel

Aktifkan autentikasi dua faktor di semua akun online yang kamu gunakan di ponsel. Autentikasi dua faktor menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan memerlukan kode verifikasi tambahan selain kata sandi untuk masuk. Ini membuat lebih sulit bagi peretas untuk mengakses akun kamu.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat meningkatkan keamanan ponsel dan mengurangi risiko dibajak oleh orang lain. Selain itu, selalu ingat untuk menjaga privasi dan data pribadi dengan hati-hati saat menggunakan perangkat mobile. Keamanan pribadi adalah tanggung jawab kita bersama dalam dunia digital yang semakin kompleks ini.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)