5 Cara membuat baterai jam tangan pintar bertahan selama mungkin

5 Cara membuat baterai jam tangan pintar bertahan selama mungkin

Techno.id - Jam tangan pintar (smartwatch) adalah gadget kecil yang mungkin digunakan setiap hari. Dimensinya yang kecil, tentu saja baterai yang ditanam di dalamnya sangat kecil. Meski begitu, baterai smartwatch bisa bertahan hingga beberapa hari, baik itu smartwatch Apple Watch, Galaxy Watch, atau Wear OS Watch.

Namun setiap penurunan persentase baterai akan semakin terasa. Nah ada beberapa tips untuk lebih memperpanjang masa pakai baterai smartwatch.

1. Jangan biarkan layar selalu menyala

5 Cara membuat baterai jam tangan pintar bertahan selama mungkin foto: apple

Kamu tidak perlu selalu menyalakan layar jam tangan pintar untuk memperpanjang masa pakai baterai. Pada kenyataannya, kamu tidak terlalu sering melihat layar jam tangan pintar secara aktif. Sekilas untuk memeriksa waktu hanya membutuhkan waktu beberapa detik.

Jam tangan pintar modern cukup bagus dalam mendeteksi saat kamu mengangkat lengan untuk melihat jam tangan. Kamu mungkin harus menunggu sepersekian detik agar layar menyala, tetapi dengan cara itu kamu akan mendapat penghematan baterai.

Apple Watch contohnya, dengan beberapa aktivitas latar belakang dinonaktifkan, Apple Watch Series 7 dapat bertahan sekitar 49 jam dengan layar selalu aktif diaktifkan. Namun, dengan Always-on-Display (AOD) dinonaktifkan dan Wake on Wrist Raise diaktifkan, itu berlangsung sekitar 67 jam. Kamu mungkin tidak akan menonaktifkan aktivitas latar belakang yang sama, tetapi ini menunjukkan perbedaan yang dibuat AOD.

Untuk jam tangan pintar Android dengan Wear OS dapat menonaktifkan Tampilan Selalu Aktif dengan membuka Pengaturan > Tampilan > matikan Selalu Aktif. Di Apple Watch, buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan dan pastikan Selalu Aktif dimatikan.

2. Gunakan kecerahan layar otomatis

5 Cara membuat baterai jam tangan pintar bertahan selama mungkin foto: freepik

Cara lain untuk memperpanjang masa pakai baterai jam tangan pintar adalah dengan kecerahan otomatis. Tidak perlu menyesuaikan kecerahan untuk setiap situasi secara manual.

Ada kemungkinan besar kamu sudah mengetahui hal ini, tetapi mudah untuk menonaktifkan kecerahan otomatis secara tidak sengaja. Maka jam tangan kamu tidak akan meredupkan layar saat diperlukan untuk menghemat baterai.

Di Apple Watch, kamu tidak perlu melakukan apa pun. Kecerahan otomatis adalah pengaturan default, dan kamu dapat mengubah kecerahan secara manual sesuai perintah. Buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan dan ketuk ikon matahari untuk menyesuaikan kecerahan.

Untuk jam tangan pintar Android dengan Wear OS, pengaturan kecerahan otomatis dapat ditemukan di Pengaturan > Tampilan. Ini dapat disebut "Kecerahan Adaptif " atau" Kecerahan Otomatis."

3. Aktifkan mode Jangan Ganggu untuk mengurangi layar aktif

5 Cara membuat baterai jam tangan pintar bertahan selama mungkin foto: freepik

Sudah bukan rahasia lagi jika layar adalah pembunuh baterai terbesar pada jam tangan pintar. Jadi, membatasi jumlah waktu tampilan menyala akan meningkatkan masa pakai baterai. Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencegah setiap pemberitahuan kecil membangunkan layar.

Biasanya merupakan ide yang baik untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak penting agar tidak mengirimkan pemberitahuan ke jam tangan kamu sejak awal. Namun, cara cepat untuk melakukannya saat kamu membutuhkan daya tahan baterai ekstra adalah dengan mengaktifkan mode "Jangan Ganggu".

Pada jam tangan pintar Android dengan Wear OS, kamu cukup menggeser ke bawah dari atas layar pada tampilan jam dan mengetuk sakelar Jangan Ganggu (lingkaran dengan tanda minus di tengah).

Untuk Apple Watch, buka Pengaturan > Fokus > Jangan Ganggu dan aktifkan sakelar. Kamu juga dapat menggunakan salah satu dari beberapa Mode Fokus atau membuatnya sendiri.

(brl/red)