4 Metode ini bisa mempercepat performa iPad lama, mulai ulang dan hapus file yang tidak penting

4 Metode ini bisa mempercepat performa iPad lama, mulai ulang dan hapus file yang tidak penting

Cara mempercepat kinerja iPad lama

3. Bersihkan penyimpanan

4 Metode ini bisa mempercepat performa iPad lama, mulai ulang dan hapus file yang tidak penting foto: unsplash/marek levak

Perangkat iPad terbaru pun akan berjalan lebih lambat jika penyimpanannya penuh. Kamu harus memiliki beberapa gigabyte yang kosong setiap saat. Jika iPad lama kamu berjalan lambat, maka kamu harus memeriksa penyimpanan.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan. Jika penuh atau hampir penuh, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengosongkan ruang.

Beberapa opsi akan ada di Pengaturan. Kamu dapat mengoptimalkan penyimpanan dengan menghapus file yang disarankana. Kamu juga bisa membersihkan cache iPad atau menghapus cache aplikasi yang sering digunakan, seperti Safari.

Kamu juga dapat menghapus aplikasi yang tidak digunakan sepenuhnya, karena aplikasi tersebut dapat menghabiskan banyak ruang. Untuk penyimpanan kamu bisa memanfaatkan iCloud atau membeli paket yang lebih besar. Cara ini sangat berguna untuk iPad yang lebih tua, karena ukuran penyimpanannya mungkin terbatas.

4. Mengganti baterai

4 Metode ini bisa mempercepat performa iPad lama, mulai ulang dan hapus file yang tidak penting foto: unsplash/jaime marrero

Cara lain untuk meningkatkan performa iPad adalah dengan mengganti baterainya, meskipun tidak mudah. Untuk menggantinya kamu membutuhkan seorang profesional, karena baterai terpasang langsung di dalam unit.

Baterai iPad dibuat untuk menahan setidaknya 80% dari kapasitas aslinya selama 1000 siklus pengisian penuh. Setelah melewati masa itu, kondisi baterai akan semakin memburuk.

Tidak seperti iPhone, memeriksa kesehatan baterai iPad cukup rumit. Namun, kamu bisa mendapatkan gambaran kasar hanya dengan menggunakannya. Jika iPad terisi penuh dan kamu hanya dapat menggunakannya selama satu atau dua jam sebelum baterainya habis, itu artinya baterai kamu harus diganti. Baterai baru tidak hanya akan membantu iPad Anda bertahan lebih lama, tetapi juga dapat memengaruhi kinerja perangkat.

(brl/red)