3 Cara mudah mengatasi bug dan lemot di HP Android dan iPhone lawas

image

Techno.id - Perangkat smartphone saat ini seakan tidak dapat lepas dari aktivitas keseharian manusia. Fungsinya yang beraneka ragam membuat semua orang memakai smartphone. Mulai dari pekerjaan, bisnis, hingga hiburan, semua dapat dipermudah dengan kehadiran ponsel pintar masa kini. Bahkan untuk mendapatkan perangkat tersebut, seseorang tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Saat ini sebuah ponsel pintar didesain untuk tahan terhadap bantingan, air, maupun debu. Ditambah saat ini ada beberapa brand yang menggunakan material ramah lingkungan untuk membuat sebuah handphone. Selain itu, smartphone juga dibuat dengan kecanggihan chip agar dapat dipakai secara cepat dan mudah.

reset hp lawas   berbagai sumber

foto: pixabay.com

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa smartphone memiliki masa pakai tersendiri. Sebuah ponsel pintar dapat mengalami penurunan performa setelah 36 bulan atau bahkan kurang setelah digunakan. Hal tersebut sering disebut lemot atau bahkan error.

Perangkat yang mengalami lemot tentu bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari hardware yang usang, hingga sistem operasi atau software yang perlu diperbarui. Handphone yang lemot ditandai dengan proses membuka aplikasi yang lama atau grafis mengalami patah-patah.

Selain faktor tersebut, sebuah bug atau masalah yang muncul juga disebabkan oleh penumpukan cache yang berlangsung sekian lama. Jumlah cache yang tertimbun pada ruang penyimpanan, membuat handphone terbebani dan akibatnya akan memperlambat kinerja perangkat. Terlebih perangkat hanya mempunyai kapasitas RAM standar seperti 4GB.

Saat smartphone mengalami lemot, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan factory reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Mereset sebuah ponsel masa kini memang cukup mudah, namun bagi sebagian orang hal tersebut juga membingungkan. Oleh karena hal tersebut, kali ini techno.id pada Sabtu (21/5) akan memberikan langkah untuk reset handphone Android maupun iPhone lawas.

reset hp lawas   berbagai sumber

foto: pixabay.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara reset sebuah perangkat smartphone, perlu dimengerti kenapa reset factory harus dilakukan pada ponsel lawas. Sebuah perangkat yang telah 3 tahun dipakai mengalami masalah pada perangkat seperti yang dijelaskan sebelumnya. Pihak developer biasanya memberikan update sistem UI pada produknya agar bug yang muncul dihilangkan dan menambah fitur-fitur tertentu. Namun bagi ponsel lawas, hal tersebut belum tentu bisa dilakukan. Penyebabnya adalah kapasitas penyimpanan dan teknologi hardware yang tidak memadai membuat update sistem tidak dapat dilakukan.

Factory reset akan mengembalikan ponsel ke posisi seperti keluaran pabrik atau baru. Hal tersebut tentu membuat perangkat menghapus semua data yang tersimpan. Untuk itu sebelum reset handphone, terlebih dahulu lakukan back up menyeluruh dari perangkat yang dimiliki.

Mengembalikan ke pengaturan pabrik membuat perangkat dapat merefresh data. Dengan begitu perangkat dapat dipacu kembali karena ketersediaan ruang penyimpanan dan refresh sistem. Untuk cara reset factory silakan untuk ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Cara reset HP Android hard mode.

reset hp lawas   berbagai sumber

foto: pixabay.com

1. Silakan untuk hidupkan perangkat.
2. Tekan Volume Up dan Power secara bersamaan.
3. Tunggu Recovery Now pada layar perangkat muncul.
4. Setelah Opsi Wipe data atau Factory Reset muncul, tekan Ok.
5. Tekan tombol Volume untuk navigasi turun naik.
6. Tunggu proses reset, setelah itu pilih Restart. HP Android akan kembali ke pengaturan awal.

2. Cara reset HP Android via pengaturan.

reset hp lawas   berbagai sumber

foto: pixabay.com

1. Silakan buka menu Pengaturan dari HP Android.
2. Pilih pengaturan umum.
3. Klik Reset atau atur ulang.
4. Ketuk opsi Factory Data Reset/Awal Pabrik.
5. Ketuk Reset Device dan tunggu layar Android Recovery.
6. Tekan tombol volume turun hingga muncul opsi Factory Reset kemudian tekan tombol daya.
7. Setelah itu tekan tombol Volume Turun. Tunggu sampai ada opsi Yes.
8. Klik tombol daya dan tunggu layar pada opsi Reboot.
9. Pilih Reboot System Now dan tekan tombol daya untuk Reboot sistem. Sistem secara otomatis mereset HP Android.

3. Cara reset HP iPhone.

reset hp lawas   berbagai sumber

foto: pixabay.com

1. Buka menu pengaturan iPhone.
2. Pilih opsi umum atau general.
3. Cari bagian Reset.
4. Ketuk Erase All Content and Settings untuk hard reset.
5. Isi password atau PIN iPhone, tunggu proses hingga reset iPhone selesai.
6. Masukkan password Apple ID.
7. HP iPhone akan kembali ke pengaturan awal.

Itulah cara untuk mereset handphone Android maupun iPhone. Selamat mencoba.

(brl/tin)