9 Langkah reset iPhone tanpa password via iTunes, cepat dan praktis

image

Techno.id - Menjaga keamanan smartphone harus dilakukan oleh semua pengguna. Memberikan kombinasi password yang sulit membantu mengamankan perangkat agar tidak mudah diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Namun perlu digarisbawahi, pemilik ponsel harus mengingat kombinasi password tersebut. Jangan sampai lupa akses untuk membuka ponsel dan menyusahkan diri sendiri.

Pada perangkat dengan sistem iOS atau lebih dikenal iPhone, passcode merupakan hal yang penting untuk diterapkan. Selain untuk membuka layar kunci, passcode di iPhone mempunyai fungsi untuk memberikan izin beberapa tindakan seperti memuat ulang perangkat agar kembali ke pengaturan pabrik.

Mereset sebuah perangkat iPhone dengan menggunakan menu pengaturan pasti akan dimintakan passcode terlebih dahulu. Jika pengguna lupa akan kombinasi sandi yang dimasukkan, maka perangkat tidak dapat dimuat ulang. Jangankan mereset, membuka layar kunci pun akan sangat sulit jika lupa password perangkat.

Namun jangan khawatir, terdapat cara untuk melakukan reset iPhone apabila lupa dengan passcode yang dimiliki. Cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan fitur dari aplikasi iTunes yang ada pada PC atau laptop.

iTunes adalah aplikasi dari Apple yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara iPhone dan laptop. Platform iTunes mempunyai fitur yang dapat digunakan untuk dapat memulihkan iPhone ke pengaturan awal pabrik.

Lalu bagaimana cara menggunakan iTunes untuk mereset ponsel iPhone? Pada kesempatan ini techno.id mengulas langkah cepat mereset iPhone tanpa passcode via iTunes, yang dirangkum dari laman resmi Apple.

1. Buka aplikasi iTunes di desktop Anda. Apabila belum memiliki aplikasi iTunes, silakan untuk mengunduhnya pada laman resmi apple.

2. Matikan iPhone dan masuk ke Recovery Mode

3. Cara masuk ke Recovery Mode berbeda-beda di tiap model iPhone:

- iPhone 8 dan yang lebih baru: saat iPhone mati, tekan dan tahan tombol Power atau Side

cara reset iPhone  berbagai sumber

foto: support.apple.com

- iPhone 7 series: saat iPhone mati, tekan dan tahan tombol Volume Down

cara reset iPhone  berbagai sumber

foto: support.apple.com

- iPhone 6s dan yang lebih lama: saat iPhone mati, tekan dan tahan tombol Home

cara reset iPhone  berbagai sumber

foto: support.apple.com

4. Tekan dan tahan tombol tersebut hingga muncul tampilan layar seperti pada gambar di bawah ini:

cara reset iPhone  berbagai sumber

foto: support.apple.com

5. Mulai sambungkan iPhone ke iTunes yang telah terinstal di desktop dengan kabel lightning

6. Tunggu beberapa saat hingga iPhone terdeteksi oleh iTunes

7. Kemudian, pada layar aplikasi iTunes bakal muncul opsi "Perbarui" atau "Pulihkan"

8. Pilih opsi "Pulihkan"

cara reset iPhone  berbagai sumber

foto: support.apple.com

9. Tunggu proses reset berjalan hingga layar memulai pengaturan perangkat muncul. Selesaikan pengaturan iPhone hingga muncul layar Home.

Cara tersebut akan menghapus semua data perangkat termasuk passcode yang dimasukkan sebelumnya. Dalam artian perangkat akan kembali ke pengaturan awal pabrik layaknya ponsel baru.

(brl/tin)