7 Keunggulan dan fitur Oppo A16k, pakai prosesor gaming medioker

image

Techno.id - Oppo merupakan brand asal China yang sukses menjangkau pasar smartphone Indonesia. Salah satu smartphone terbaru yang dibawa oleh Oppo adalah seri A16k. Ponsel ini memang telah lama rilis secara global, namun pihak Oppo Indonesia baru membawanya pada bulan Mei tahun 2022.

Oppo A16k akan masuk ke dalam ponsel kelas entry dengan harga cukup terjangkau. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan saja. Walaupun masuk di kategori entry-level, Oppo A16k memiliki chipset yang didesain untuk bermain game. Bahkan ruang penyimpanan cukup lega untuk melibas berbagai game.

Selain komponen mesin yang mumpuni, Oppo A16k juga memiliki keunggulan lain. Berikut techno.id sajikan 7 kelebihan dari Oppo A16k yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (18/5).

1. Desain bodi 3D.

Oppo A16k  berbagai sumber

foto: oppo.com

Ukuran bodi yang dimiliki Oppo A16k cukup tipis, hanya 7,85 mm dengan berat tak lebih dari 175 gram. Bagian belakang dari ponsel ini mempunyai desain 3D. Artinya pengguna dapat merasakan cengkraman yang pas saat memegang handphone. Oppo juga memberikan material yang anti gores dengan konsep premium untuk smartphone tersebut.

2. Layar lega.

Oppo A16k  berbagai sumber



foto: oppo.com

Oppo A16k mempunyai screen dengan bentang cukup lebar di kelasnya yaitu 6.52 inci. Layar dengan tipe IPS LCD tersebut mampu menampilkan grafis berkualitas HD 720 x 1600 piksel. Terdapat perlindungan layar dari Corning Gorilla Glass 3 yang diberikan oleh Oppo. Bahkan Oppo juga menambahkan fitur eye care untuk melindungi mata penggunanya.

3. Pakai sistem booster.

Oppo A16k  berbagai sumber

foto: oppo.com

Oppo memberikan prosesor bentukan MediaTek yaitu Helio G35. Prosesor ini mampu menunjang berbagai aktivitas digital penggunaannya. Oppo juga memberikan sistem booster untuk seri A16k. Sistem tersebut mampu memberikan kelancaran agar perangkat tidak mengalami lag. Hal tersebut dapat dilihat dari capaian clock speed CPU hingga 2.3 GHz.

4. Penyimpanan lega.

Oppo A16k  berbagai sumber

foto: oppo.com

Untuk menunjang berbagai keperluan, Oppo memberikan penyimpanan cukup lega untuk seri A16k. Smartphone tersebut mempunyai RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Terdapat opsi memori internal hingga 256 GB yang diberikan Oppo. Kapasitas penyimpanan tersebut masih bisa ditambah dengan ekspansi memori melalui microSD hingga 1 TB. Artinya pengguna bisa menyimpan banyak file, dan melakukan install berbagai aplikasi.

5. Baterai awet.

Oppo A16k  berbagai sumber

foto: oppo.com

Baterai Oppo A16k berkapasitas 4.230 mAh. Walaupun di bawah standar handphone mid-range lainnya yang menggunakan kapasitas 5.000 mAh, ketahanan baterai pada ponsel tersebut cukup awet. Bahkan terdapat teknologi pengoptimalan pengisian daya baterai agar saat pengecasan perangkat tidak mengalami overheat.

6. Tahan percikan air.

Oppo A16k  berbagai sumber

foto: oppo.com

Oppo A16k telah mengantongi sertifikat IPX4 Splash Waterproof. Artinya perangkat tetap tahan saat terkena percikan air. Selain itu ponsel tersebut telah mengalami berbagai pengetesan ketahanan. Mulai dari tes port plug-in hingga berbagai tes pengujian tombol lainnya. Hal tersebut dilakukan agar pengguna dapat memakai perangkat ini dalam jangka waktu lama.

7. Kamera sensor Ai.

Oppo A16k  berbagai sumber

foto: oppo.com

Tak ketinggalan terdapat kamera dengan sensor Ai untuk memberikan hasil foto maksimal. Oppo A16k dibekali dengan single kamera beresolusi 13 MP f/2.2 lensa wide. Kamera tersebut mempunyai kemampuan untuk merekam video dengan kualitas 1080p di kecepatan 30 fps. Adapun untuk kamera depan menggunakan lensa 5 MP.

Itulah beberapa keunggulan dari Oppo A16k. Setelah membahas mengenai kelebihan dari ponsel tersebut, tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui fitur apa yang dimiliki. Oppo A16k dibekali dengan fitur kamera Backlit HDR. Fitur tersebut mempunyai fungsi agar mencegah hasil foto backlight yang tidak terlalu jelas. Selain itu, terdapat fitur night filters untuk memberikan hasil foto lebih tajam saat pemotretan malam hari berlangsung.

(brl/guf)