3 Cara mudah memperpanjang masa pakai baterai smartphone

3 Cara mudah memperpanjang masa pakai baterai smartphone

Techno.id - Berbicara cara memperpanjang masa pakai baterai smartphone seakan tiada habisnya. Maklum, ini merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna.

Bisa dimaklumi mengapa baterai smartphone cepat kehabisan daya. Sebab, hampir setiap saat selalu ada pembaruan fitur. Semakin canggih fitur yang disematkan di dalam smartphone, biasanya akan semakin membutuhkan daya.

Belum lagi dengan kebiasaan pengguna yang sringkali juga membuat smartphone harus bekerja ekstra keras sehingga menyedot banyak sumber energi. Namun, pengguna bisa melakukan beberapa cara untuk memperpanjang masa pakai baterai. Berikut tiga cara sederhana yang dapat membantu menghemat baterai smartphone kamu.

1. Jaga agar ponsel tetap dingin

3 Cara mudah memperpanjang masa pakai baterai smartphone foto: freepik/rsplaneta

Menurut blog Battery University, baterai ponsel lebih cepat rusak saat panas, baik saat kamu menggunakan ponsel atau saat tidak digunakan. Hindari meninggalkan ponsel di dasbor mobil pada hari yang cerah.

2. Isi daya ponsel sebelum turun terlalu jauh di bawah setengah kapasitas baterai

3 Cara mudah memperpanjang masa pakai baterai smartphone foto: freepik/vlarvix

Cara terbaik untuk menjaga baterai ponsel cerdas adalah dengan menjaga daya baterai ponsel lebih dari 40%. Membiarkan baterai berubah dari penuh menjadi kosong secara terus-menerus dapat merusaknya dan mengurangi kapasitasnya seiring waktu.

Di sisi lain, membiarkan ponsel tetap terhubung saat sudah benar-benar penuh juga dapat menurunkan baterai. Praktik terbaik, jaga agar baterai tetap terisi daya antara 40% dan 80%.

3. Selalu dapatkan pembaruan

3 Cara mudah memperpanjang masa pakai baterai smartphone foto: freepik/mrdm

Baik pembaruan ditujukan untuk aplikasi yang diunduh atau OS Android itu sendiri, pembaruan tersebut umumnya menyertakan perbaikan bug dan penyesuaian yang meningkatkan kinerja, termasuk seberapa efisien penggunaan baterai.

(brl/red)