3 Cara menonaktifkan Safe Mode di ponsel Android, waspadai aplikasi pihak ketiga

3 Cara menonaktifkan Safe Mode di ponsel Android, waspadai aplikasi pihak ketiga

Techno.id - Kamu pernah mengalami ponsel tiba-tiba berada dalam Safe Mode? Nah biasanya hal ini terjadi secara tidak sengaja. Bisa karena tombol tertentu tertekan, ada aplikasi yang bermasalah atau sistem mengalami kerusakan.

Ketika Safe Mode aktif, maka aplikasi pihak ketiga yang terinstal atau aplikasi yang bukan bawaan smartphone tidak akan bekerja secara normal. Sebab, ketika berada dalam pola Safe Mode, ponsel hanya melakukan boot pada sistem inti saja.

Biasanya, Safe Mode digunakan untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada ponsel. Cara ini juga digunakan untuk mengetahui penyebabnya. Ketika ponsel mengalami Safe Mode, kamu sebenarnya bisa menonaktifkannya. Berikut cara menonaktifkan Safe Mode di ponsel Android yang dirangkum techno.id dari berbagai sumber.

1. Reset ponsel

Salah satu cara yang sering dilakukan untuk menonaktifkan Safe Mode adalah dengan me-reset ponsel ke setelan awal (pabrik). Biasanya untuk ponsel jadul, cara yang paling mudah adalah dengan mencabut baterai.

Namun kini, hampir semua ponsel menanam baterai di dalamnya (built-in) sehingga sulit dilepas. Karena itu untuk mereset ponsel harus dilakukan melalui Pengaturan. Tiap ponsel memiliki cara dan pola yang berbeda untuk fitur reset ke setelan pabrik.

Tetapi, untuk opsi ini ada risiko kamu bakal kehilangan seluruh data di ponsel jika tidak di back-up terlebih dahulu.

3 Cara menonaktifkan Safe Mode di ponsel Android, waspadai aplikasi pihak ketiga foto: freepik.com/rawpixel.com

2. Hapus aplikasi yang mencurigakan

Safe mode bisa juga disebabkan adanya aplikasi yang buruk (corrupt). Untuk mengetahuinya, kamu bisa masuk ke Pengaturan lalu pilih manajemen aplikasi. Pilih aplikasi yang terakhir kamu instal sebelum muncul Safe Mode. Biasanya aplikasi yang baru diinstal berada di urutan teratas pada manajemen aplikasi jika kamu men-setting-nya berdasarkan urutan aplikasi terbaru. Setelah menemukan aplikasi yang dimaksud, segera hapus (uninstall).

3. Bersihkan cache

Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang digunakan untuk menyimpan data dan pengaturan aplikasi, browser, atau game pada ponsel. Fungsinya untuk mempercepat proses loading saat membuka kembali aplikasi. Namun cache kerap menyebabkan memori ponsel penuh yang bisa saja menjadi penyebab munculnya Safe Mode. Karena itu kamu harus masuk ke Pengaturan dan buka halaman aplikasi kemudian pilih opsi menghapus cache.

Magang : Zadun Naja

(brl/red)