11 Trik agar iPhone tak boros baterai, perlu dilakukan secara rutin

11 Trik agar iPhone tak boros baterai, perlu dilakukan secara rutin

Techno.id - Apple memiliki jajaran perangkat smartphone terbaik di pasaran gadget dunia. Dengan produk ponsel iPhonenya, Apple berhasil merangsek pasar smartphone kelas premium. Bahkan sampai saat ini, penjual iPhone tetap terus mengalami kenaikan.

Ponsel iPhone memiliki berbagai keunggulan dari perangkat lain. Salah satunya adalah fitur Dynamic Island. Seperti diketahui, fitur tersebut ada di seri iPhone 14 Pro Max terbaru dari Apple. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat dengan mudah memperoleh informasi dan sistem navigasi.

Perangkat iPhone juga mempunyai keunggulan untuk kegiatan multitasking. Terbukti Apple memberikan sistem operasi iOS yang mudah digunakan. Bahkan integrasi dengan device Apple lain sangat mudah dilakukan.

Namun di balik kecanggihan dari iPhone, terdapat kelemahan dari perangkat ini. Sudah menjadi rahasia umum bahwa iPhone memiliki baterai yang boros, terutama seri iPhone lama.

Hal ini disebabkan kerena Apple membekali iPhone dengan baterai berkapasitas kecil. Bahkan seri iPhone 13 Pro Max hanya menggunakan baterai 4.325 mAh saja. Jauh lebih kecil dibanding dengan rata-rata ponsel mid-range saat ini. Dengan baterai tersebut, ponsel dapat bertahan dalam waktu 7 jam setiap harinya.

Selain faktor kapasitas dari baterai yang kecil, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan iPhone boros baterai. Salah satunya adalah umur dari baterai. Semakin baterai sering digunakan, maka kemampuan suplai dayanya juga akan berkurang. Semula memang iPhone dapat bertahan selama 7 jam penggunaan. Namun karena sudah berumur, bisa jadi perangkat hanya dapat digunakan selama 4 jam saja.

Memang permasalahan borosnya baterai iPhone menjadi PR tersebut bagi pihak pengembang. Namun kali ini techno.id akan memberikan 11 trik agar iPhone tak boros baterai, yang dihimpun dari berbagai sumber pada (31/1).

1. Matikan fitur tidak terlalu penting.

11 Trik agar iPhone tak boros baterai, perlu dilakukan secara rutin

foto: Pexels.com

Seperti diketahui, iPhone memiliki beragam fitur untuk pengguna lebih mudah dalam pengoperasian perangkat. Namun tak dapat dipungkiri, beberapa pengguna juga tidak selalu menggunakan fitur tersebut. Untuk itu, silakan seleksi dan matikan fitur tak terlalu penting seperti Siri, push email, dan beberapa fitur lainnya.

2. Gunakan mode daya rendah.

Menggunakan fitur mode daya rendah membuat iPhone lebih efisien baterai. Karena mode ini dapat mematikan beberapa fitur seperti animasi, background app refresh, dan beberapa lainnya untuk memperpanjang waktu penggunaan baterai. Selain itu, mode ini juga dapat menambah waktu penggunaan baterai lebih lama.

3. Pertahankan suhu baterai agar tetap dalam kondisi baik.

11 Trik agar iPhone tak boros baterai, perlu dilakukan secara rutin

foto: Pexels.com

Tak dapat dipungkiri, semakin lama penggunaan perangkat iPhone maka suhu perangkat akan naik. Oleh karena itu, pengguna perlu mengatur agar saat suhu perangkat panas, tidak terlalu memaksakan. Karena imbasnya akan langsung ke baterai. Bisa jadi baterai dapat mengalami kerusakan seperti bocor, melembung, dan masih banyak lagi.


(brl/guf)