11 Kebiasaan mengisi daya smartphone ini dapat meningkatkan daya tahan baterai

11 Kebiasaan mengisi daya smartphone ini dapat meningkatkan daya tahan baterai

11 Kebiasaan mengisi daya baterai

7. Jangan bermain game saat mengisi daya

11 Kebiasaan mengisi daya smartphone ini dapat meningkatkan daya tahan baterai foto: freepik

Hindari bermain game dan aplikasi yang berat yang memakan daya saat ponsel sedang diisi daya. Game dan aplikasi membutuhkan daya pemrosesan, menggunakan daya tahan baterai, dan karenanya memanaskan ponsel. Panas ini menambah suhu pada proses pengisian daya yang sudah panas yang dapat merusak baterai dan elektronik smartphone.

8. Jangan biarkan ponsel terlalu panas atau dingin

11 Kebiasaan mengisi daya smartphone ini dapat meningkatkan daya tahan baterai foto: freepik

Jangan biarkan ponsel memanas di bawah sinar matahari, di dekat pemanas atau oven, karena daya baterai akan terkuras lebih cepat saat panas. Kondisi ini memengaruhi baterai dan elektronik dengan cara yang sama seperti pengisian daya yang berlebihan atau pengisian daya cepat yang tidak kompatibel.

Demikian pula, jangan biarkan ponsel berada dalam suhu yang sangat dingin dalam waktu yang lama, karena dapat menyebabkan elektrolit baterai mengeras atau membeku.

9. Aktifkan mode gelap dan kurangi kecerahan layar

11 Kebiasaan mengisi daya smartphone ini dapat meningkatkan daya tahan baterai foto: freepik

Pengaturan kecerahan layar dapat menguras energi yang sangat besar, tergantung pada tingkat kecerahannya. Atur kecerahan ke tingkat optimal yang diperlukan untuk menggunakan smartphone. Kamu juga dapat menggunakan mode gelap untuk mengurangi konsumsi baterai.

10. Isi daya hingga 85% untuk mengoptimalkan masa pakai baterai

11 Kebiasaan mengisi daya smartphone ini dapat meningkatkan daya tahan baterai foto: freepik/user16766420

Saat mengisi daya ponsel, kamu mungkin mengamati bahwa baterai ponsel terisi dengan cepat dari 20% hingga 50%. Namun membutuhkan waktu yang relatif lebih lama ketika mengisi daya dari 70% hingga 100%. Akibatnya, efisiensi pengisian daya berkurang, dan keausan baterai menjadi tinggi apabila baterai ponsel mendekati penuh. Karena itu, dianjurkan untuk mengisi daya baterai ponsel hingga 85% untuk mengurangi keausan baterai.

11. Matikan fitur lokasi dan nirkabel

11 Kebiasaan mengisi daya smartphone ini dapat meningkatkan daya tahan baterai foto: freepik/user6933058

Aplikasi ponsel pintar menggunakan lokasi perangkat untuk beberapa layanan aplikasi. Namun, aplikasi dan layanan tersebut mungkin tidak diperlukan sepanjang hari, terutama saat kamu tidur. Demikian pula, fitur nirkabel seperti Wi-Fi, data seluler, dan Bluetooth mungkin tidak diperlukan 24 jam. Jadi, membatasi fitur-fitur ini atau mematikannya saat tidak diperlukan dapat membantu menghemat baterai.

(brl/red)