11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai

11 Fitur iOS 17

6. Check in

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: apple

Check-In adalah salah satu fitur tersembunyi dari aplikasi Pesan di iOS 17. Kamu dapat menggunakannya untuk memberi tahu kontak iMessage tentang keberadaan kamu dan tetap aman saat bepergian. Untuk mengaksesnya, buka percakapan dengan kontak yang ingin kamu gunakan fitur tersebut, lalu ketuk tombol plus (+) di sebelah bidang pengetikan di app Pesan dan gulir ke bawah.

Kamu dapat mengatur Check-In berbasis lokasi atau waktu, tergantung pada preferensi kamu. Jika Kamu memilih lokasi, Check-In akan secara otomatis memberi tahu penerima saat kamu tiba di tujuan. Tetapi jika memilih Check-In berbasis waktu, kamu akan diminta untuk memberi tahu mereka saat waktunya habis, dan jika kamu tidak merespons dalam waktu 15 menit, kontak kamu akan diberi tahu dengan data lokasi terbaru kamu.

7. NameDrop

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: apple

NameDrop adalah salah satu fitur iOS 17 terbaik yang diumumkan Apple di WWDC 2023. Ini adalah perpanjangan dari fungsionalitas AirDrop di perangkat iOS yang disediakan untuk berbagi informasi kontak kamu dengan pengguna iPhone lainnya dengan mudah.

Untuk mengakses layar NameDrop, yang perlu kamu lakukan hanyalah meletakkan tepi atas dua iPhone di samping satu sama lain. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan privasi kamu karena NameDrop mengharuskan kedua iPhone dibuka kuncinya agar berfungsi. Transfer tidak otomatis, melainkan dimulai oleh pengguna, dan kamu memiliki kendali penuh atas detail kontak yang kamu bagikan dengan penerima.

Tidak seperti fitur lain dalam daftar ini, perangkat Android dulu menawarkan sesuatu yang serupa, disebut Android Beam, hingga Google perlahan-lahan mematikannya.

8. iCloud+

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: apple

Apple sangat ketat tentang privasi pengguna di seluruh perangkatnya, dan seiring waktu, Apple telah membuat beberapa perubahan pada iOS dan App Store untuk meningkatkan keamanan. Pada tahun 2021, Apple memperkenalkan layanan iCloud+, yang memberi pengguna akses ke fitur Sembunyikan Email Saya dan layanan mirip VPN tersembunyi yang disebut Private Relay (Relai Pribadi).

Meskipun Google sudah menawarkan layanan VPN serupa dalam bentuk VPN by Google One, namun belum ada yang mirip dengan fitur Sembunyikan Email Saya untuk perangkat Android.

Sembunyikan Email Saya, bagi yang belum tahu, memungkinkan kamu menggunakan alamat email acak saat mendaftar ke situs web. Alamat acak ini akan secara otomatis meneruskan semua email yang diterimanya ke kotak masuk pribadi kamu.

Berkat fitur ini, kamu dapat menggunakan alamat email acak sambil merahasiakan alamat email pribadi kamu sepenuhnya setiap kali membuat akun baru di situs web.

9. Fitur Share with You di aplikasi pesan

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: freepik

Apple telah menguasai seni memisahkan konten yang kamu terima di aplikasi Pesan. Fitur Share with You bekerja sama dengan aplikasi stok Apple dan menempatkan konten bersama di tempatnya, jadi konten tersebut siap saat kamu meluncurkan aplikasi yang relevan.

Misalnya, katakanlah teman kamu membagikan tautan ke halaman web. Saat berikutnya kamu meluncurkan Safari, tautan khusus ini akan muncul di bawah bagian fitur Dibagikan dengan Kamu di halaman awal kamu.

Google belum menemukan cara untuk mengintegrasikan konten secara cerdas dengan aplikasi Pesan stoknya, jadi kamu harus menggulir secara manual dan menemukan konten yang dibagikan oleh kontak kamu.

10. Focus Filters

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: apple

Mode fokus tersedia di perangkat Android dan iOS, tetapi Apple meningkatkannya dengan Filter Fokus. Dengan fitur ini, fokus yang kamu atur dapat berfungsi di dalam aplikasi Apple, seperti Safari, Pesan, Mail, dan Kalender, untuk memfilter konten yang mengganggu.

Misalnya, jika kamu telah mengaktifkan Fokus Kerja di iPhone, Safari hanya akan menampilkan tab yang terkait dengan pekerjaan untuk meminimalkan gangguan.

Meskipun Google memperkenalkan mode Fokus yang dapat memberi peringkat pada aplikasi yang mengganggu di samping Android 13, mode ini tetap tidak terintegrasi dengan aplikasi untuk menyembunyikan konten yang mengganggu.

11. Pemeriksaan kesehatan baterai

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: techno.id/yani andriyansyah

Kembali pada tahun 2017, Apple mengaku sengaja memperlambat iPhone-nya untuk mengimbangi penurunan baterai. Tak lama setelah reaksi publik, perusahaan memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna iOS memeriksa kesehatan baterai iPhone dengan mudah. Saat kesehatan baterai di bawah 80%, iOS meminta pengguna untuk memperbaiki atau mengganti baterai mereka.

Tidak ada cara bawaan untuk memeriksa kesehatan baterai ponsel Android, tetapi kamu memiliki opsi lain, seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memberi kamu informasi tambahan tentang baterai.

(brl/red)