10 Pengaturan smartphone yang harus kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai

10 Pengaturan smartphone yang harus kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai

10 Pengaturan untuk menghemat baterai

6. Gunakan mode pesawat atau mode daya rendah

10 Pengaturan smartphone yang harus kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik/tete_escape

Baik ponsel cerdas iOS dan Android menyertakan mode pesawat yang dapat menonaktifkan Wi-Fi, selular, dan Bluetooth. Pada beberapa model ponsel atau versi sistem operasi yang lebih lama, mode ini juga menonaktifkan GPS.

Meskipun mode ini awalnya dirancang untuk mencegah ponsel mengganggu komunikasi maskapai, mode ini juga mengurangi penggunaan baterai semua sirkuit nirkabel yang memerlukan daya.

Beberapa ponsel cerdas baik iPhone maupun Android juga menyertakan mode daya rendah atau mode penghemat baterai yang secara signifikan mengurangi penggunaan daya ponsel dengan menonaktifkan fitur penguras daya.

Misalnya, di iPhone, mengaktifkan mode daya rendah akan menonaktifkan pengambilan email, fitur Hey Siri, penggunaan aplikasi di latar belakang, pengunduhan otomatis pembaruan aplikasi dan data lainnya, pemindaian Wi-Fi, dan beberapa efek visual. Baik iPhone dan ponsel cerdas Android menggunakan daya baterai yang jauh lebih sedikit dengan mode penghemat baterai diaktifkan.

Mode pesawat paling berguna saat kamu berada di area dengan sinyal jaringan yang buruk. Sebab ponsel cerdas mulai menghabiskan banyak energi untuk mencari sinyal. Mode daya rendah adalah alternatif yang lebih baik saat baterai ponsel cerdas kamu lemah.

7. Nonaktifkan selular atau Wi-Fi saat sinyal buruk

10 Pengaturan smartphone yang harus kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik/family31

Jika kamu berada di tempat tanpa Wi-Fi atau jangkauan selular yang buruk, baterai ponsel cerdas akan lebih cepat habis. Ponsel cerdas modern dirancang untuk menggunakan daya minimum untuk mendapatkan koneksi terbaik, jadi saat kamu berada di tempat dengan jangkauan yang baik, seperti di daerah perkotaan, penggunaan daya jauh lebih rendah.

Sebaliknya, jika berada di daerah yang sinyalnya buruk maka akan menguras baterai karena ponsel cerdas terus-menerus mencari sinyal.

8. Periksa aplikasi penguras baterai

10 Pengaturan smartphone yang harus kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik/rawpixel.com

Baik iPhone maupun Android memiliki menu pengaturan untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan banyak daya baterai. Pada iPhone buka Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai untuk melihat daftar aplikasi yang paling banyak menggunakan daya baterai, diurutkan berdasarkan jumlah yang dikonsumsi.

Secara default, daftar menunjukkan penggunaan baterai selama 24 jam terakhir, tetapi kamu dapat mengetuk 7 Hari Terakhir untuk melihat data dari minggu lalu.

Di Android, kamu dapat melihat daftar serupa dengan membuka Pengaturan > Baterai, kamu akan melihat daftar item yang diurutkan yang menggunakan daya baterai. Kamu dapat dengan cepat melihat aplikasi mana yang merupakan penguras baterai terbesar.

Waspadai juga aplikasi yang aktif untuk waktu yang lama di latar belakang dan menggunakan banyak daya baterai, karena aplikasi ini menyedot daya baterai bahkan saat kamu tidak menggunakannya secara aktif.

Jika kamu menonaktifkan aktivitas latar belakang untuk aplikasi tertentu, tetapi tetap menggunakan daya dalam jumlah besar di latar belakang, aplikasi mungkin mengalami bug.

9. Nonaktifkan GPS atau layanan lokasi

10 Pengaturan smartphone yang harus kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik/peachfreepix

Perangkat keras GPS ponsel cerdas yang digunakan bersama dengan Wi-Fi dan teknologi lainnya untuk menentukan lokasi geografis kamu, menghabiskan banyak daya baterai. Namun, layanan lokasi yang dikelola dengan baik hanya menggunakan daya baterai dalam jumlah sedang.

Misalnya, kamu menggunakan aplikasi Peta di iPhone atau ponsel Android untuk petunjuk arah GPS untuk perjalanan singkat akan menghabiskan masa pakai baterai yang minimal, karena aplikasi ini dirancang untuk meminimalkan penggunaan GPS.

Jika aplikasi berbasis lokasi menggunakan banyak daya baterai, terutama di latar belakang, kemungkinan besar aplikasi tersebut sering menggunakan GPS, Wi-Fi, dan sensor ponsel.

Perhatikan bahwa di iPhone, kamu bisa memilih apakah akan mengaktifkan layanan lokasi untuk setiap aplikasi sepanjang waktu, atau hanya saat kamu benar-benar menggunakan aplikasi. Jika kamu memilih Saat Menggunakan Aplikasi buka Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > nama aplikasi. Aplikasi tersebut akan tetap dapat menentukan lokasi saat kamu menggunakannya, tetapi tidak saat berada di latar belakang.

Ponsel cerdas Android juga memungkinkan kamu mengubah izin aplikasi. Untuk mendapatkan lokasi kamu buka Pengaturan > Aplikasi > pilih aplikasi, dan ketuk Izin.

Kamu juga dapat menetapkan batas lokasi di seluruh sistem dengan membuka Pengaturan > Lokasi > pilih antara mode Akurasi Tinggi untuk menggunakan GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan selular untuk menentukan lokasi kamu. Atau kamu ;pilih mode Hemat Baterai yang akan menonaktifkan GPS untuk menghemat energi dengan mengorbankan akurasi.

10. Nonaktifkan pemberitahuan push yang tidak perlu

10 Pengaturan smartphone yang harus kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik/rawpixel.com

Ponsel cerdas mendukung pemberitahuan push, yang memungkinkan aplikasi memberikan informasi baru, alarm suara, pengingat tampilan, dan banyak lagi, secara instan. Pemberitahuan push bisa sangat nyaman, tetapi setiap pemberitahuan menggunakan energi, karena mengharuskan ponsel cerdas kamu untuk bangun selama beberapa detik, termasuk menyalakan layar dan menampilkan pesan. Jika kamu mendapatkan banyak notifikasi, penggunaan energi tersebut dapat bertambah.

Jika aplikasi atau layanan tertentu misalnya WjatsApp, Facebook atau email terus-menerus membuat notifikasi, pertimbangkan untuk menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tersebut.

Di iPhone, buka Pengaturan > Pemberitahuan, ketuk nama aplikasi, dan nonaktifkan Izinkan Pemberitahuan. Sementara di Android, buka Pengaturan > Aplikasi > ketuk aplikasi > Pemberitahuan, lalu alihkan sakelar ke Blokir semua untuk mencegah aplikasi tersebut mengganggu kamu.

(brl/red)