Begini 5 Cara mengecek baterai dengan benar untuk meningkatkan usia baterai smatrtphone

Begini 5 Cara mengecek baterai dengan benar untuk meningkatkan usia baterai smatrtphone

Techno.id - Baterai smartphone yang boros telah menjadi permasalahan umum bagi banyak pengguna. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan daya untuk menjalankan aplikasi dan fitur canggih semakin meningkat.

Namun, banyak dari kita seringkali tidak menyadari bahwa perilaku penggunaan dan perawatan yang kurang baik dapat mempercepat penurunan kinerja baterai. Untuk menghindari masalah ini, berikut Techno.id membagikan 5 cara mengecek baterai smartphone dengan benar dan memaksimalkan umur baterai, Jumat (15/12).

1. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Begini 5 Cara mengecek baterai dengan benar untuk meningkatkan usia baterai smatrtphone foto: freepik/gherghinaalexandru912

Unduh aplikasi pengelola baterai pada playstore atau downloader yang ada pada smartphone kamu. Cari aplikasi yang dapat memberikan informasi rinci tentang kondisi baterai dengan baik.

Aplikasi ini biasanya memberikan laporan tentang tingkat daya, suhu, dan kesehatan baterai. Sehingga kamu bisa mengecek informasi tentang baterai kapan saja.

2. Periksa penggunaan aplikasi

Begini 5 Cara mengecek baterai dengan benar untuk meningkatkan usia baterai smatrtphone foto: freepik/grinvalds

Lihat penggunaan baterai oleh aplikasi di pengaturan perangkat. Mungkin ada beberapa aplikasi yang menggunakan daya lebih banyak daripada yang kamu sadari. Dengan membatasi penggunaan aplikasi tersebut dan membatasi penggunaannya dapat membantu menghemat baterai. Dengan kamu mengecek masalah tersebut, memungkinkan baterai lebih sehat.

3. Pengecekan tingkat kesehatan baterai

Begini 5 Cara mengecek baterai dengan benar untuk meningkatkan usia baterai smatrtphone foto: freepik/rawpixel.com

Beberapa perangkat memiliki fitur bawaan yang memungkinkan kamu memeriksa tingkat kesehatan baterai. Hal ini bisa memberikan informasi tentang seberapa baik baterai berfungsi dan apakah ada tanda-tanda penurunan kapasitas. Fitur bawaan tersebut mungkin juga menampilkan presentase kesehatan baterai berdasarkan penggunaan harian.

4. Periksa siklus pengisian

Begini 5 Cara mengecek baterai dengan benar untuk meningkatkan usia baterai smatrtphone foto: freepik/atlantiststudio

Mengecek berapa kali kamu mengisi daya penuh perangkat dari 0% hingga 100% dapat memberikan gambaran tentang seberapa sering kamu menggunakan seluruh kapasitas baterai. Hindari pengisian yang terlalu sering jika tidak diperlukan.

5. Pengaturan baterai perangkat

Begini 5 Cara mengecek baterai dengan benar untuk meningkatkan usia baterai smatrtphone foto: freepik/user33769719

Mayoritas smartphone modern menyediakan opsi di pengaturan baterai yang memungkinkan kamu melihat informasi tentang penggunaan baterai dan kesehatan baterai. Periksa bagian ini untuk mendapatkan informasi seperti persentase daya tersisa, riwayat penggunaan, dan kondisi baterai.

Dengan menjaga perangkat dan menerapkan beberapa cara terbaik dalam pengelolaan baterai, kamu dapat memperpanjang umur baterai smartphone dan menghindari kinerja yang boros daya. Selalu periksa dan pahami kondisi baterai secara teratur untuk menjaga agar perangkat tetap optimal.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)