Ini 5 Alasan smartphone dengan baterai yang dapat dilepas akan kembali menjadi tren di masa depan

Ini 5 Alasan smartphone dengan baterai yang dapat dilepas akan kembali menjadi tren di masa depan

Techno.id - Beberapa tahun lalu, ponsel masih menggunakan baterai berbahan nikel cadmium (Ni-Cd) yang dapat dilepas. Namun seiring perkembangan teknologi, smartphone akhirnya menggunakan baterai berbahan Lithium-ion yang penempatannya ditanam langsung di dalam perangkat.

Kini, tampaknya penggunaan baterai smartphone yang dapat dilepas pasang, bakal kembali menjadi tren. Sejumlah produsen smartphone pun mulai melirik metode ini. Berikut Techno.id membagikan 5 alasan mengapa ponsel dengan baterai lepas pasang akan kembali menjadi tren di masa depan, Kamis (14/12).

1. Kemudahan pemeliharaan dan perbaikan

Ini 5 Alasan smartphone dengan baterai yang dapat dilepas akan kembali menjadi tren di masa depan foto: freepik/master1305

Baterai lepas pasang memudahkan pengguna dalam pemeliharaan dan perbaikan perangkat mereka. Pengguna dapat dengan mudah mengganti baterai yang sudah tidak efisien tanpa harus membawa perangkat ke pusat layanan resmi. Hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga menekan biaya yang mungkin dikeluarkan untuk perbaikan.

2. Umur pakai ponsel yang lebih lama

Ini 5 Alasan smartphone dengan baterai yang dapat dilepas akan kembali menjadi tren di masa depan foto: freepik

Baterai merupakan salah satu komponen yang paling rentan terhadap penurunan kinerja seiring waktu. Dengan baterai lepas pasang, pengguna dapat mengganti baterai yang mulai melemah tanpa perlu mengganti seluruh perangkat. Ini meningkatkan umur pakai ponsel dan membantu pengguna untuk tetap menggunakan perangkat mereka dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. Fleksibilitas dan penggantian mudah

Ini 5 Alasan smartphone dengan baterai yang dapat dilepas akan kembali menjadi tren di masa depan foto: freepik/bublikhaus

Pengguna bebas memilih baterai cadangan atau mengganti baterai mereka dengan model yang lebih canggih. Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada konsumen untuk menyesuaikan perangkat mereka dengan kebutuhan sehari-hari. Penggantian baterai juga dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, mengurangi downtime perangkat.

4. Dampak lingkungan yang lebih rendah

Ini 5 Alasan smartphone dengan baterai yang dapat dilepas akan kembali menjadi tren di masa depan foto: freepik/rawpixel.com

Desain dengan baterai lepas pasang membantu mengurangi dampak lingkungan karena meminimalkan limbah elektronik. Dengan memungkinkan pengguna untuk memperbarui baterai tanpa harus mengganti seluruh perangkat, produsen dapat merancang produk yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

5. Adaptasi terhadap kebutuhan pengguna

Ini 5 Alasan smartphone dengan baterai yang dapat dilepas akan kembali menjadi tren di masa depan foto: freepik/pressfoto

Ketika pengguna memiliki kendali atas baterai perangkat, mereka dapat lebih mudah beradaptasi dengan kebutuhan sehari-hari. Misalnya, pengguna dapat membawa baterai cadangan untuk perjalanan panjang atau mengganti baterai yang cepat habis dengan yang lebih besar untuk penggunaan yang intensif. Ini memberikan tingkat personalisasi yang lebih tinggi dan meningkatkan kepuasan pengguna.

Penggunaan baterai yang dapat dilepas tidak hanya memberikan keuntungan bagi pengguna, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan keberlanjutan perangkat elektronik.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)