5 Perubahan terbesar yang dikabarkan bakal hadir di iPhone 16 Pro Max

5 Perubahan terbesar yang dikabarkan bakal hadir di iPhone 16 Pro Max

Techno.id - Belakangan ini sering muncul kabar mengenai rencana Apple yang akan meluncurkan iPhone 16 Series. Bahkan tidak sedikit bocoran mulai dari desain hingga fitur yang akan dibenamkan di dalam perangkat baru tersebut.

Mengingat rencana Apple yang dikabarkan akan menambahkan tingkat kelas atas yang semuanya baru ke seri iPhone 17 pada tahun 2025, maka tahun ini bisa menjadi momen bagi Apple untuk menghadirkan model Pro Max yang paling berani untuk peningkatan pada iPhone 16 yang akan berbeda dengan varian lainnya yang diharapkan akan dirilis pada musim gugur sekitar pertengahan September. Berikut adalah lima perubahan terbesar yang dikabarkan akan terjadi pada iPhone 16 Pro Max.

1. Ukuran lebih besar

Menurut berbagai sumber yang selama ini beredar, iPhone 16 Pro Max akan bertambah besar, berpotensi menjadikannya iPhone terbesar Apple yang pernah ada. Perangkat ini akan berukuran 6,9 inci (naik dari 6,7 inci), dan diharapkan lebih tinggi dan lebih lebar dari iPhone 15 Pro Max tahun lalu.

Sementara ketebalan akan tetap sama, beratnya akan sedikit meningkat karena ukurannya yang lebih besar. Jika akurat, ini akan menjadi peningkatan ukuran iPhone pertama sejak seri iPhone 12, tetapi juga akan menjadi pukulan lain bagi para pengguna yang lebih memilih handset yang lebih kecil.

2. Layar lebih besar

Masuk akal untuk mengasumsikan bahwa perangkat yang lebih besar akan memiliki layar yang lebih besar, tetapi Apple tidak hanya mengandalkan dimensi fisik yang lebih besar untuk membuat pengalaman menonton lebih imersif.

Untuk model iPhone 16 Pro-nya, Apple dikabarkan menggunakan teknologi Border Reduction Structure (BRS), yang memungkinkan tata letak sirkuit di bawah layar menjadi lebih ringkas dan efisien, menghasilkan bezel yang lebih ramping.

Tahun lalu, Apple mengurangi bezel pada model iPhone 15 Pro menggunakan pencetakan berlebih tekanan injeksi rendah, atau LIPO, untuk mengecilkan ukuran batas layar menjadi 1,5 milimeter (dibandingkan sekitar 2,2 milimeter pada model iPhone 14).

3. Kamera yang lebih besar

iPhone 16 Pro Max dikabarkan akan menampilkan kamera utama yang lebih canggih, 12% lebih besar, menampilkan sensor Sony IMX48 903 megapiksel yang disesuaikan dengan desain bertumpuk untuk kinerja yang lebih baik, Konverter Analog-ke-Digital (ADC) 14-bit untuk konversi data gambar berkualitas tinggi, dan Digital Gain Control (DCG) untuk rentang dinamis dan kontrol kebisingan yang lebih baik. Apple juga dikabarkan akan menyertakan kamera Ultra Lebar 48 megapiksel, naik dari lensa 12 megapiksel pada iPhone 15 Pro Max.

4. Kapasitas Baterai Lebih Besar

Apple dikabarkan akan menggunakan sel baterai dengan kepadatan energi yang meningkat sehingga menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama, bahkan mungkin menggunakan ukuran baterai yang sama seperti pada model yang ada. Kabar awal juga menunjukkan bahwa kedua model iPhone 16 Pro akan menggunakan teknologi baterai bertumpuk, yang dapat menghasilkan kapasitas yang lebih tinggi dan masa pakai yang lebih lama. Kabarnya, iPhone 16 Pro Max tahun ini akan memiliki daya tahan baterai lebih dari 30 jam, (dibanding 29 jam untuk iPhone 15 Pro Max).

5. Kapasitas penyimpanan lebih besar

Kabarnya model iPhone 16 Pro akan tersedia dengan penyimpanan maksimum 2TB baru, yang akan membuatnya setara dengan iPad Pro. Langkah ini dikatakan sebagai hasil dari peralihan Apple yang baru-baru ini dikabarkan ke flash NAND Quad-Level Cell (QLC) dengan kepadatan lebih tinggi untuk model penyimpanan yang lebih tinggi.

Penggunaan QLC NAND Apple dapat memungkinkan Apple memasukkan lebih banyak penyimpanan ke dalam ruang yang lebih kecil dan harganya lebih murah daripada NAND Triple-Level Cell (TLC), yang digunakan iPhone saat ini.

(brl/red)