10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi

10 Cara memperbaiki fast charging tidak berfungsi

6. Tutup semua aplikasi yang aktif

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: freepik/grinvalds

Jika ada aplikasi aktif di latar belakang saat kamu mengisi daya ponsel, bisa menyebabkan pengisian melambat, terutama jika kamu menggunakan aplikasi streaming saat mengisi daya. Kamu harus menutup paksa semua aplikasi yang aktif dan menahan diri untuk tidak menggunakannya saat mengisi daya ponsel.

7. Nonaktifkan Wi-Fi atau data selular

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: freepik

Jika kamu terhubung ke Wi-Fi atau data seluler, itu juga akan memperlambat kecepatan pengisian daya yang cepat. Baterai kamu juga berisiko karena menguras status baterai. Jadi, kamu harus menjaga ponsel tetap diam dan terputus dari koneksi internet.

Kamu dapat mengetuk ikon Wi-Fi atau data selular dari pusat kontrol untuk menonaktifkannya. Kamu juga dapat mengaktifkan Mode Pesawat untuk mengaktifkan pengisian cepat.

8. Aktifkan mode aman (safe mode)

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Aplikasi pihak ketiga aktif yang mungkin tidak kamu deteksi bisa menjadi alasan pengisian cepat kamu tidak berfungsi. Jadi, kamu dapat mengaktifkan mode aman untuk memblokir aplikasi tersebut dan meningkatkan kecepatan kinerja pengisian daya. Untuk mengaktifkan mode aman, kamu harus masuk ke mode Pemulihan Android.

1. Tekan tombol daya untuk mematikan ponsel.

2. Kemudian, tekan dan tahan tombol volume naik dan tombol daya secara bersamaan. Lepaskan setelah menu utama atau mode pemulihan muncul di layar.

3. Gunakan tombol volume untuk memilih mode aman.

4. Tekan tombol daya untuk menghidupkan.

5. Coba sambungkan pengisi daya cepat kamu.

9. Perbarui ponsel kamu

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: freepik/grinvalds

Mungkin ada kerusakan sistem dan bug pada ponsel kamu yang menyebabkan kesalahan saat mengisi daya ponsel dengan cepat. Namun, ponsel kamu merilis perbaikan bug dan peningkatan kinerja dengan pembaruan perangkat lunak baru. Jadi, kamu dapat memperbarui ponsel dari pengaturan untuk memperbaiki masalah tersebut.

10. Atur ulang ke setelan pabrik

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: freepik/user21016237

Kamu harus mengatur ulang ponsel ke setelan pabrik sebagai upaya terakhir untuk memecahkan masalah jika perbaikan lain tidak berhasil. Reset pabrik akan menghapus semua data dan kerusakan apa pun yang menyebabkan kesalahan pada pengisi daya cepat yang berfungsi. Tapi, pastikan untuk membuat cadangan data sebelum melanjutkan.

Kamu dapat mengatur ulang ponsel dari pengaturan atau mengatur ulang secara paksa. Karena variasi UI pada ponsel Android yang berbeda, langkah-langkahnya mungkin tidak serupa. Namun, dalam kasus ini Techno.id menggunakan perangkat Samsung untuk referensi kamu.

1. Arahkan ke Pengaturan ponsel > Manajemen Umum.

2. Ketuk Setel Ulang.

3. Pilih pengaturan ulang data pabrik

(brl/red)