10 Cara membuat pengaturan iPhone agar ramah pengguna manula

10 Cara membuat pengaturan iPhone agar ramah pengguna manula

Techno.id - Kemudahan penggunaan iPhone menjadikannya pilihan tepat bagi orang tua yang menginginkan ponsel cerdas. Selain itu ada banyak opsi untuk membuat iOS lebih mudah digunakan dan lebih mudah diakses. Berikut beberapa cara mengatur iPhone agar cocok untuk digunakan orang tua.

1. Aktifkan akses bantuan

10 Cara membuat pengaturan iPhone agar ramah pengguna manula foto: freepik

Akses Bantuan adalah fitur yang diperkenalkan di iOS 17 yang sangat menyederhanakan pengalaman iOS. Meskipun dirancang untuk penyandang disabilitas kognitif, ini juga merupakan pilihan yang baik untuk manula yang hanya perlu menggunakan fungsi penting perangkat mereka.

Orang tepercaya dapat mengatur Akses Bantu untuk hanya menampilkan aplikasi yang dibutuhkan orang yang mereka cintai, yang kemudian dijalankan dalam format yang disederhanakan. Ini mungkin langkah yang terlalu drastis untuk manula yang paham teknologi, tetapi patut dicoba jika pengguna tidak ingin kewalahan dengan aplikasi dan menu yang tidak akan mereka gunakan.

2. Gunakan tampilan zoom

10 Cara membuat pengaturan iPhone agar ramah pengguna manula foto: freepik/rawpixel.com

Penglihatan kebanyakan orang tua menurun seiring bertambahnya usia. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengaktifkan Zoom Tampilan (di iPhone SE 2, atau iPhone XR dan versi lebih baru) untuk memperbesar layer.

1. Buka Pengaturan dan pilih Tampilan & Kecerahan.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Zoom Tampilan.

3. Pada menu berikutnya, pilih Teks yang Lebih Besar. Beberapa pratinjau sederhana untuk mengilustrasikan perbedaannya.

4. Ketuk Selesai untuk mengonfirmasi pilihan kamu, lalu terima perintah untuk memulai ulang iPhone dan menerapkan perubahan.

3. Perbesar ukuran teks

10 Cara membuat pengaturan iPhone agar ramah pengguna manula foto: freepik

Meskipun Zoom Tampilan membuat semua yang ada di layar menjadi lebih besar, kamu juga dapat meningkatkan ukuran teks untuk meningkatkan keterbacaan secara keseluruhan.

1. Buka Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks (di bawah judul Vision).

2. Pilih Teks yang Lebih Besar.

3. Sesuaikan penggeser untuk memilih ukuran teks yang kamu inginkan.

4. Jika opsi terbesar tidak cukup, aktifkan penggeser Ukuran Aksesibilitas yang Lebih Besar di bagian atas untuk menampilkan level yang lebih besar.

Saat membahas topik teks, kamu mungkin ingin mengaktifkan penggeser Teks Tebal di halaman Tampilan & Ukuran Teks untuk membantu teks lebih terlihat jelas.

4. Naikkan volume dering dan aktifkan peringatan LED berkedip

10 Cara membuat pengaturan iPhone agar ramah pengguna manula foto: freepik/karlyukav

Untuk manula yang mengalami gangguan pendengaran, sangat masuk akal untuk meningkatkan volume dering agar mereka tidak melewatkan panggilan dan peringatan lainnya.

Buka Pengaturan > Suara & Haptik dan sesuaikan penggeser Nada Dering dan Peringatan untuk mengatur volume pilihan. Kamu mungkin ingin menonaktifkan penggeser Change with Buttons dengan mematikannya, tombol volume fisik hanya akan mengubah volume untuk media (seperti musik dan game). Dengan mengaktifkannya, mudah untuk menurunkan volume dering secara tidak sengaja.

Pastikan Nada Dering yang dipilih dan peringatan lainnya jelas dan berbeda. Untuk lebih mengurangi kemungkinan panggilan tidak terjawab, sebaiknya pilih Always Play under Haptics agar ponsel bergetar untuk semua peringatan.

Terakhir, menyalakan Lampu Kilat LED untuk fitur Peringatan dapat membantu, yang memberikan petunjuk visual untuk peringatan yang masuk dengan mem-flash kamera. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Audio & Visual (di bawah tajuk Pendengaran). Ketuk Lampu Kilat LED untuk Peringatan dan aktifkan penggeser dengan nama yang sama. Kamu dapat memilih apakah itu juga harus ditampilkan saat ponsel tidak terkunci atau dalam mode senyap.

5. Coba teks langsung

10 Cara membuat pengaturan iPhone agar ramah pengguna manula foto: freepik

Saat dalam versi beta pada saat penulisan, Teks Langsung merupakan berkah bagi siapa saja yang kesulitan mendengar ucapan dengan jelas. Itu mengubah semua dialog yang diucapkan menjadi teks di layar secara real-time.

Untuk menggunakannya, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Teks Langsung (di bawah Pendengaran) dan aktifkan penggeser Teks Langsung. Ini akan segera menampilkan bilah alat untuk fitur di bagian bawah layar. Pilih Penampilan untuk menyesuaikannya. Ketuk bilah alat untuk menampilkan tombolnya, yang memungkinkan kamu mengubah ukurannya atau menjeda transkripsi. Kamu juga dapat menyeret bilah alat sesuai keinginan.

Saat dikatakan Mendengarkan, fitur tersebut menunggu ucapan diputar di perangkat (dari YouTube atau aplikasi podcast, misalnya) dan akan menyalinnya. Ketuk tombol Mikrofon untuk mengalihkan fungsinya untuk menyalin ucapan di sekitar kamu. Kamu mungkin juga ingin mengaktifkan penggeser Teks Langsung di FaceTime agar tetap aktif di panggilan FaceTime.

(brl/red)