Apple bakal bangun pabrik di India

Apple bakal bangun pabrik di India

Techno.id - Sebelumnya Apple pernah menerima penolakan pemerintah India yang melarang mereka untuk membangun toko retail di India. Hal ini terjadi karena perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini tidak memiliki pabrik di Negeri Bollywood tersebut.

Namun, baru-baru ini dikabarkan jika Apple telah mendapat persetujuan dari pemerintah India untuk membangun pabrik iPhone di negara mereka, seperti yang dilansir oleh CultofMac.com (25/05/15).

Pabrik iPhone ini rencananya akan ditempatkan di kota Maharashtra. Jika benar, pembangunan pabrik ini akan menguntungkan semua pihak, Foxconn, India, dan Apple. Tentu saja Foxconn akan mendapat keuntungan berbagai bentuk kemudahan dari pemerintah India, termasuk pajak yang lebih ringan.

Sedangkan India akan memperoleh keuntungan dalam bentuk bertambahnya lapangan pekerjaan di negara tersebut. Sementara Apple juga merasa diuntungkan karena pasar smartphonenya akan bertambah luas.

"Jumlah smartphone yang beredar di India paling banyak di dunia, namun hanya 7% dari perangkat pintar ini yang dibuat di dalam negeri, dan selebihnya diimpor," ujar Devendra Fadnavis, Chief Minister India, dikutip dari CultofMac.com (25/05/15).

Di sisi lainnya, setelah Tiongkok, India adalah pasar terbesar untuk masa depan untuk Apple. Selain karena memiliki populasi terbesar, juga memiliki pertumbuhan ekonomi yang berpotensi. Hal ini dibuktikan dengan pendapatan Apple yang meningkat 10 kali lipat dalam empat tahun terakhir di negara tersebut.

(brl/red)