Western Digital kenalkan hard disk terbaru berkapasitas 5TB dan 6TB

Western Digital kenalkan hard disk terbaru berkapasitas 5TB dan 6TB

Techno.id - Western Digital (WD) baru saja memperkenalkan dua hard disk terbaru seri Black dan Red Pro yang dibangun untuk konsumen dengan kinerja tinggi dan para gamer. WD dari dulu memang dikenal paling giat memasarkan hard disk meski kepopulerannya sekarang telah digeser oleh (SSD) Solid State Drive.

Walau begitu, Western Digital tetap meluncurkan HDD baru seri Black dengan kapasitas 5TB dan 6TB serta seri Red Pro dengan kapasitas serupa. Kedua seri tersebut mengusung form factor 3.5 inci dengan kecepatan rotor 7.200rpm. Selain itu, WD seri Black juga mendukung cache berkapasitas 128MB, teknologi aktuator dual stage, antarmuka SATA 6 gigabit per detik (Gb/s), dan prosesor dual-core terintegrasi sedang seri Red Pro mengusung fitur dual stage actuator technology dan (SMR) Shingled Magnetic Recording.

"Menggabungkan kinerja sistem yang maksimal dengan kapasitas yang besar, peningkatan kapasitas WD Black ke 6 TB memungkinkan gamer, penggemar dan pekerja kreatif untuk mendorong batas-batas personalisasi tanpa kompromi," kata Cindi Grace, senior vice president WD storage technology group.

Western Digital kenalkan hard disk terbaru berkapasitas 5TB dan 6TB

Sampai saat ini, kapasitas penyimpanan hard disk terbesar yang dimiliki WD masih dimiliki oleh Ha10 dengan kapasitas memori 10TB. Namun, ruang penyimpanan sebesar itu masih kalah jauh dengan SSD milik Samsung yang mempunyai kapasitas 16TB. Hal ini dapat dimaklumi karena SSD memang dapat menyimpan dalam jumlah besar walau dengan bentuk yang kecil.

Western Digital kenalkan hard disk terbaru berkapasitas 5TB dan 6TB

Untuk masalah harga, seri Black dan Red Pro tidak akan berbeda jauh. WD seri Black 5TB akan dibanderol dengan harga Rp 3,6 juta sedangkan 6TB seharga Rp 4 juta. Begitu pula dengan WD seri Red Pro dengan kapasitas 5TB akan dipasarkan dengan harga Rp 3, 6 juta dan 6TB dapat dibeli dengan biaya Rp 4,1 juta.

(brl/red)