Hobi fotografi? Hard disk portabel WD ini cocok untuk Anda!

Hobi fotografi? Hard disk portabel WD ini cocok untuk Anda!

Techno.id - External hard drive boleh jadi sangat berguna sebagai media penyimpanan portabel. Kendati demikian, bukan berarti perangkat ini sempurna seutuhnya bagi pemiliknya. Kabel USB bongkar pasang yang pendek dan mudah lecet ialah masalah umum di setiap hard disk portabel yang sering terjadi.

Tentu saja, membeli kabel USB pengganti (secara terus-menerus) bukanlah solusi yang disukai semua orang. Jika Anda memiliki kantong yang cukup tebal, membeli hard disk portable berteknologi jaringan nirkabel (wireless network) mungkin akan lebih baik daripada opsi membeli kabel USB pengganti.

Jika Anda bertanya-tanya perihal hard disk portable yang menawarkan teknologi wireless, maka salah satu jawabannya ada di My Passport Wireless yang diproduksi oleh perusahaan terkemuka Western Digital. Selain teknologi wireless, hard disk ini juga menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar, slot kartu SD, termasuk port USB 3.0.

Hobi fotografi? Hard disk portabel WD ini cocok untuk Anda!

Adapun fitur unggulan dari hard disk portable 2,5 inci berwarna hitam ini yakni dapat dihubungkan dengan delapan perangkat pada saat bersamaan. Meskipun teknologi wireless pada umumnya mengonsumsi daya energi yang tinggi, baterai yang disertakan di perangkat ini diklaim sanggup bertahan hingga 20 jam dalam mode standby time.

Fitur menarik lain yang dapat ditemukan di perangkat ini yakni adanya teknologi proteksi dengan cara memberikan password pada jaringan Wi-Fi. Sedangkan untuk port USB, Western Digital menyertakan aplikasi Drive Lock, di mana akses terhadap port USB tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang.

Lebih jauh, hard disk portabel ini juga telah terintegrasi dengan sistem operasi Android, iOS, Mac, serta Windows. Aplikasi khusus bernama WD My Cloud (untuk gadget) pun telah disiapkan guna mempermudah pengguna ketika ingin mengakses data di dalam hard disk di mana saja melalui jaringan internet.

Hobi fotografi? Hard disk portabel WD ini cocok untuk Anda!

Sayangnya di antara berbagai kelebihan yang dimiliki, WD My Passport Wireless yang tersedia dalam tiga varian (kapasitas 500GB, 1TB, dan 2TB) ini masih dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni di kisaran Rp 2 hingga 3 jutaan. Selain itu, aplikasi mobile WD My Cloud juga memiliki keterbatasan soal dukungan format file.

Akan tetapi, secara keseluruhan, perangkat yang tersedia di toko online Bhinneka ini sudah cukup mumpuni di kelas hard disk portabel. WD My Passport Wireless juga diklaim sangat cocok bagi pengguna dengan profesi fotografi.

(brl/red)