CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 1 Maret 2016 15:00

Disket berkapasitas 1.44MB dimodifikasi jadi 128GB

Disket ini telah ditambahkan kartu SD berkapasitas 128GB.

Disket berkapasitas 1.44MB dimodifikasi jadi 128GB

Techno.id - Kalau bisa diperbaiki mengapa harus membeli yang baru. Pola pikir seperti ini yang dimiliki oleh seorang pria bernama Dr Moddnstine. Meski komputernya terbilang lama yakni Aptiva IBM, namun dia tak ingin membuangnya dan justru dimodifikasi.

Sayangnya, komponen Aptiva IBM yang masih bisa dipakai hanya casing saja. Berbekal casing tadi, Dr Moddnstine mulai memodifikasi dengan menambahkan motherboard baru yang dapat dipasangi prosesor Intel i7-6700K dan kartu grafis AMD Radeon R9 390. Namun, setelah komputer tersebut jadi, nampaknya Dr Moddnstine masih belum merasa puas.

Dr Moddnstine tertantang untuk tetap menggunakan disket dan memanfaatkannya untuk membaca kartu SD. Disket yang tadinya hanya berkapasitas 1.44MB dimodifikasi agar dapat membaca kartu SD berkapasitas 128GB. Untuk melakukan hal itu, dia memodifikasi floppy disk drive agar bisa terhubung dengan port USB 3.0 yang ada di motherboard.

Untungnya, konektor yang digunakan untuk membaca disket hampir sama dengan konektor yang dibutuhkan untuk membaca kartu SD. Jadi, Dr Moddnstine hanya memodifikasi sedikit konektor pada disket dan menyisipkan kartu SD di dalamnya. Sedangkan, cakram floppy disk tidak dibutuhkan lagi, begitu juga dengan motor yang terdapat di floppy disk drive.

Agar Anda tak penasaran dengan disket berkapasitas 128GB. Anda bisa melihat tayangan video yang diunggah oleh Dr Moddnstine berikut, seperti yang dikutip dari DigitalTrends (29/2/2016).

WHAT TO READ NEXT ?