Tips mengenali Samsung Galaxy S6 tiruan

Tips mengenali Samsung Galaxy S6 tiruan

Techno.id - Barang tiruan atau yang juga dikenal dengan sebutan bajakan adalah salah satu kejahatan yang umum terjadi di dunia teknologi, termasuk smartphone. Ironisnya, kejahatan kategori ini masih saja terjadi hingga sekarang.

Salah satu produk terbaru yang telah menjadi 'korban' tiruan adalah Samsung Galaxy S6. Seperti dikutip AndroidCommunity.com (18/05/2015), seorang pengguna Reddit baru-baru ini telah menjadi korban penipuan Samsung Galaxy S6 tiruan.

Pada awalnya, pengguna tersebut ditawari Galaxy S6 dengan iming-iming harga yang sangat murah yakni sekitar Rp 6,6 juta. Padahal, harga Galaxy S6 itu sendiri di situs resminya masih berada di kisaran harga Rp 8 jutaan.

Hal yang perlu disadari adalah kejahatan tersebut mungkin tidak akan menjadi yang terakhir kalinya. Sehingga salah satu jalan terbaik untuk menghindari kejahatan serupa adalah dengan mengenali perbedaan-perbedaan pada barang asli dan barang palsu.

Berikut ini tips sederhana mengenali produk Samsung Galaxy S6 tiruan:

  1. Galaxy S6 tiruan menggunakan casing belakang yang terbuat dari plastik, sedangkan Galaxy S6 resmi terbuat dari material kaca.
  2. Galaxy S6 tiruan menggunakan sistem operasi Android versi lama, sedangkan Galaxy S6 resmi menggunakan sistem operasi terbaru Android 5.0 Lollipop.
  3. Galaxy S6 tiruan menggunakan spesifikasi hardware asal-asalan yang menyebabkan respon dan kinerjanya menjadi sangat lambat, sedangkan Galaxy S6 resmi dilengkapi dengan spesifikasi resmi dan lebih terjamin untuk menghasilkan respon dan kinerja yang jauh lebih cepat.
  4. Unlocked SIM Card tidak dapat bekerja pada Galaxy S6 tiruan.
  5. Jika diperhatikan lebih seksama, paket box pembelian pada Galaxy S6 tiruan akan terlihat bahwa sebenarnya dibuat dari bahan murahan. Sedangkan paket box pembelian Galaxy S6 resmi akan terlihat lebih eksklusif.
  6. Galaxy S6 tiruan tidak memiliki stiker dan kode informasi khusus seperti yang tertera di Galaxy S6 resmi meskipun menggunakan jenis font yang sama.
  7. Paket box pembelian pada Galaxy S6 resmi akan dilengkapi dengan flap cover, sedangkan Galaxy S6 tiruan tidak.
  8. Gambar wallpaper default (bawaan) pada Galaxy S6 tiruan tidak akan menghasilkan kualitas warna yang lebih jelas dan tajam seperti layaknya Galaxy S6 resmi.

Di samping delapan tips sederhana di atas, Anda juga dapat menyaksikan video berjudul "Fake vs Real Samsung Galaxy S6!" yang diunggah oleh akun TechRax di bawah ini. TechRax juga berpesan kepada calon pembeli, pastikan untuk melihat Samsung Galaxy S6 lebih dekat dan teliti sebelum memutuskan untuk membelinya.

Punya tips tambahan? Silahkan share melalui kolom komentar Anda.

(brl/red)