Terungkap, ini spesifikasi dan tanggal rilis Samsung Gear A (Orbis)

Terungkap, ini spesifikasi dan tanggal rilis Samsung Gear A (Orbis)

Techno.id - Di kuartal ketiga tahun ini, perhatian orang mungkin akan lebih banyak tertuju ke Galaxy Note 5. Pasalnya, smartphone terbaru Samsung ini dikatakan siap menghadang laju iPhone 6s 'bersaudara'. Jadi, tak heran jika banyak pihak akhirnya penasaran akan strategi yang disiapkan oleh Galaxy Note 5.

Namun tahukah Anda jika di sisi lain, Samsung ternyata juga telah siap untuk merilis jam tangan pintar terbarunya? Ya, spesifikasi berikut tanggal peluncuran jam tangan berbentuk bulat dengan kode nama Orbis ini sudah mulai terungkap.

Dikutip dari SamMobile (16/07/2015), jam tangan Orbis akan diperkenalkan bersamaan dengan Galaxy Note 5 dengan nama resmi Samsung Gear A. Seperti diinformasikan sebelumnya, peluncuran Galaxy Note 5 sendiri diyakini telah dipercepat hingga pertengahan Agustus 2015 mendatang.

Situs SamMobile juga menyebut bahwa Samsung Gear A akan memiliki prosesor Exynos 3742 dual-core clock 1.2 GHz dan GPU Mali-400 clock 450 MHz. Selain itu, Samsung Gear A juga akan didukung oleh RAM sebesar 768 MB, memori internal on-board, serta baterai berkapasitas 250 mAh.

Adapun dari sisi konektivitasnya, Samsung Gear A telah mengadopsi Bluetooth 4.1, Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Wi-Fi Direct. Lebih jauh, jam tangan pintar ini juga dibekali dengan beberapa fitur seperti GPS, accelerometer, gyro, barometer, dan sensor pendeteksi detak jantung.

Situs SamMobile juga menjelaskan jika Samsung Gear A akan menjalankan sistem operasi Tizen (sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh Samsung) di dalam layar AMOLED beresolusi 360 x 360 piksel. Namun, SamMobile tidak menyebutkan berapa ukuran inci secara pasti yang dimiliki oleh layar bulat tersebut.

Dalam hal desain, Samsung Gear A juga akan dilengkapi dengan tombol digital crown sebagai alat navigasi antarmuka seperti layaknya Apple Watch. Sayangnya, SamMobile lagi-lagi tidak menyertakan informasi soal harga yang akan dibanderol Samsung untuk produk wearable gadget terbarunya ini.

(brl/red)