CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 22 Februari 2016 18:00

Teknologi NASA bikin keyboard Lady Gaga dapat menari ikuti musik

Keyboard Lady Gaga dapat sentuhan teknologi dari NASA.

Teknologi NASA bikin keyboard Lady Gaga dapat menari ikuti musik

Techno.id - Ada yang berbeda dari acara Grammy Awards 2016 kemarin. Pada acara tersebut, Lady Gaga membawakan sebuah lagu Suffragette City dari David Bowie ditemani keyboard yang dapat menari. Bahkan, keyboard tersebut dapat menari mengikuti alunan musik yang dinyanyikan Lady Gaga.

Usut punya usut, ternyata keyboard yang dapat menari ini mendapat sentuhan teknologi dari NASA. Lebih tepatnya, tim Lady Gaga mendapat bantuan dari Andy Robot yang merupakan animator komputer dan robotik yang biasa bekerja dengan NASA.

Keyboard Lady Gaga terbilang istimewa karena Andy Robot telah menyematkan dua buah robot lengan di bagian penyangga keyboard. Robot lengan tersebut akan melakukan gerakan secara otomatis mengikuti alunan musik yang dimainkan Lady Gaga.

Menariknya lagi, Andy Robot menggunakan teknologi kinematik pada robot tersebut yang memungkinkan robot bergerak seperti Anda sedang menggerakkan anggota tubuh. Jadi, dua robot lengan tersebut tidak akan bergerak sendiri-sendiri yang dapat membelah keyboard menjadi dua.

Menurut Andy Robot, robot lengan tersebut merupakan robot ABB yang biasa digunakan pada industri, terutama industri otomotif milik BMW. Jadi, kalau tak ada 'kerja sampingan' seperti ini, biasanya robot ABB ditugaskan untuk merakit mobil-mobil BMW, seperti yang dilaporkan oleh Engadget (20/2/2016).

Jika Anda penasaran, seperti apa keyboard yang dapat menari mengikuti alunan musik. Berikut tayangan singkatnya.

WHAT TO READ NEXT ?