CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 12 Juni 2015 13:00

Sony luncurkan a7R II, generasi penerus mirrorless full frame

a7R II adalah kamera mirrorless terbaru dari Sony yang merupakan penerus dari generasi a7R, kamera mirrorless pertama dengan sensor full frame

Sony luncurkan a7R II, generasi penerus mirrorless full frame

Techno.id - Sony baru saja meluncurkan kamera mirrorless terbarunya a7R II. Kamera ini merupakan generasi penerus kamera a7R, kamera mirrorless dengan sensor full frame pertama di dunia.

Seperti dilansir oleh DPreview (10/6/15), kamera terbaru ini dibekali dengan sensor Exmor R CMOS dengan resolusi yang cukup tinggi yakni 42,4MP. Sony a7R II juga dibekali dengan sensitivitas tinggi, yakni hingga ISO 102400 dan kecepatan respon AF hingga 40 persen dibanding dengan versi a7R sebelumnya. Kamera ini juga mengusung sistem stabilisasi gambar 5-axis dan diklaim mampu membidik serta merekam video beresolusi 4K dalam berbagai format, seperti super 35mm (tanpa pixel Binning) dan format full frame.

Sony a7R II © 2015 Sony.com

Kimio Maki, Senior General Manager Business Group Sony mengungkapkan, sensor CMOS 42,4MP yang dibawa oleh kamera ini menyebabkan a7R II mampu membidik gambar dan menghasilkan gambar dengan kualitas yang tinggi, kepekaan, dan kecepatan respon yang baik. Lebih lanjut Maki menjelaskan, kemampuan tersebut datang dari perpaduan desain lensa gapless on-chip dan lapisan AR (anti-reflektif) pada permukaan kaca sensor yang mengakibatkan sensor dapat mengumpulkan cahaya, sehingga meningkatkan sensitivitas sensor kamera.

Selain itu, Maki menjelaskan, struktur sensor back-illuminated yang menggunakan tembaga serta diperluasnya skala sirkuit membuat proses tranmisi jadi lebih cepat dan memastikan objek dapat ditangkap dalam resolusi tinggi tanpa perlu mengorbankan sensitivitas. Maki menambahkan, mesin pengolahan gambar BIONZ X yang diusung kamera ini memungkinkan gambar dan video yang diambil mampu menampilkan visualisasi yang lebih berkualitas dan diklaim mampu mengurangi efek noise yang biasa terjadi pada kamera pada umumnya.

Sony a7R II © 2015 Sony.com

Sony a7R II juga diklaim memiliki fitur rana yang mampu mengurangi getaran hingga 50 persen. Bahkan, jika Anda ingin membidik sebuah objek diam, a7R II adalah kamera yang cocok bagi Anda karena kamera ini mengusung mode Silent Shooting yang dapat digunakan untuk membidik gambar diam tanpa perlu menggunakan sensor getaran atau gerakan.

Model flagship a7R II ini juga dilengkapi dengan sistem stabilisasi gambar inovatif 5-axis yang telah mendukung kapasitas pengambilan gambar beresolusi tinggi. Mirip dengan sistem yang diusung oleh pendahulunya, sistem 5-axis pada a7R II mampu melakukan stabilisasi gambar dengan bantuan lima sumbu yang dapat meminimalisir beberapa permasalahan saat harus membidik gambar, seperti angular shake (pitch and yaw) yang cenderung terjadi pada lensa tele, shift shake yang biasanya menyebabkan gambar menjadi lebih membesar, serta rotational shake yang cenderung mengganggu saat kamera digunakan untuk merekam video.

Kamera keren ini kabarnya akan mulai diluncurkan ke pasaran pada bulan Agustus ini melalui store.sony.com dan dealer resmi Sony yang tersebar di seluruh dunia. Untuk mendapatkannya, Anda harus merogoh kocek lumayan dalam, yakni sekitar Rp 42,5 juta.

 

WHAT TO READ NEXT ?