Fujifilm hadirkan update firmware terbaru untuk X-T1 Juni nanti

Fujifilm hadirkan update firmware terbaru untuk X-T1 Juni nanti

Techno.id - Fujifilm baru saja mengumumkan bahwa perusahaan asal Jepang tersebut akan meluncurkan update firmware untuk kamera seri X-T1 pada Juni nanti. Dilaporkan jika update firmware ini membawa perombakan untuk performa fitur autofocus dan memperkenalkan sistem AF baru.

Salah satu update firmware dari Fujifilm kali ini membawa fitur Zone dan mode Wide atau Tracking. Dikutip dari DPreview (11/5/15) fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih sekelompok 'kotak' AF dalam pola 3x3, 5x3, atau 5x5 untuk membantu memastikan subjek bergerak disimpan dalam fokus di salah satu bagian tertentu dari frame (ketika panning) atau saat bergerak melintasi bingkai stationer.

Selain itu, update firmware kali ini akan memudahkan pengguna X-T1 saat menemukan objek dengan keadaan kontras cahaya yang rendah. Disebutkan, untuk mengatasi kontras cahaya rendah tersebut, Fujifilm kali ini mengambil langkah untuk membagi kemampuan deteksi tonal halus dalam beberapa bagian kecil, yakni dari semula sebesar 2.5EV menjadi hanya 0.5EV. Hal ini memungkinkan X-T1 dapat membidik subjek dengan lebih baik, bahkan dalam keadaan cahaya yang minimal sekali pun.

Tak lupa update firmware dari Fujifilm X-T1 kali ini juga membawa sejumlah 'penyegaran' pada fitur Eye Detection AF, rentang kecepatan rana yang tersedia di T(ime) dengan angka pengaturan dimulai dari 30-1/3200 detik, dial kompensasi eksposur yang dapat digunakan untuk mengubah eksposur dalam mode manual saat auto ISO aktif, serta grid tampilan layar belakang dan di viewfinder akan menggunakan garis halus, sehingga kemungkinan subjek kabur dapat diminimalisir. Fuji bahkan juga telah mengganti nama 'Silent Mode' menjadi 'Sound and Flash Off' untuk menghindari sejumlah kebingungan yang selama ini dialami oleh pengguna X-T1.

Fujifilm hadirkan update firmware terbaru untuk X-T1 Juni nanti

Update mode Zone terbaru akan membagi fokus dalam beberapa kotak AF kecil sehingga mereka dapat berbagi tanggung jawab menjaga fokus pada subjek yang bergerak 2015 dpreview.com

(brl/red)