CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 18 Desember 2015 16:00

Seperti inikah teknologi kasur tidur anti gempa?

Seorang penemu asal Tiongkok, Wang Wenxi mematenkan sebuah kasur tidur anti gempa berkonsep kerja sederhana dan unik

Seperti inikah teknologi kasur tidur anti gempa?

Techno.id - Pada umumnya, salah satu penyebab jumlah korban gempa bumi itu tinggi adalah karena terjadi di malam hari. Sebuah fakta yang memang tak mengherankan mengingat malam hari merupakan waktu untuk beristirahat.

Atas dasar itulah, seorang penemu asal Tiongkok bernama Wang Wenxi mematenkan sebuah teknologi baru berupa kasur tidur anti gempa. Sementara menurut situs Gizmodo (17/12), paten ini telah diajukan sejak tahun 2010 silam.

Lalu, seperti apa cara kerja kasur tidur anti gempa ini? Dalam sebuah video demonstrasi yang diunggah oleh akun Dan Arrow, konsep kerja kasur anti gempa yang diterapkan Wenxi ternyata cukup sederhana dan unik.

Dalam video berdurasi sekitar 15 menit itu, kasur anti gempa ini terbuat dari bahan logam. Sementara di bagian bawah setiap kasur telah dilengkapi dengan ruangan kecil sebagai tempat persembunyian dan makanan.

Kasur anti gempa ini tampaknya telah dilengkapi dengan sebuah sensor pendeteksi getaran. Saat gempa terjadi, kasur tersebut akan berubah bentuk menjadi sebuah peti tertutup. Bahkan, proses menutupnya pun juga beragam.

WHAT TO READ NEXT ?