CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 17 Desember 2015 08:00

Ajang CES 2016 akan lahirkan drone bertenaga hidrogen

Waktu penerbangan yang lebih lama dengan pengisian ulang yang lebih cepat akan membuat bisnis drone lebih berkembang

Ajang CES 2016 akan lahirkan drone bertenaga hidrogen

Techno.id - Jika ingin mencari satu kelemahan dari teknologi pesawat tanpa awak alias drone, maka jawabannya adalah baterai. Ya, kemampuan jelajah drone saat ini masih cenderung terbatas karena hal tersebut.

Atas dasar itu, sebuah drone bertenaga hidrogen kabarnya akan muncul di ajang tahunan CES 2016 mendatang. Sementara itu, nama perusahaan yang mendeklarasikan informasi tersebut adalah Intelligent Energy.

Sebagaimana dikutip dari Business Wire (15/12), bahan bakar tersebut sejatinya berperan sebagai baterai cadangan. Perusahaan asal Inggris itu pun mengklaim jika drone miliknya sanggup mengudara hingga berjam-jam lamanya.

Intelligent Energy menambahkan, drone berbahan bakar hidrogen miliknya tak hanya unggul dari sisi daya jelajah saja. Akan tetapi, ia juga mampu melakukan pengisian ulang yang jauh lebih cepat.

Sebagai gambaran sederhana, drone konvensional membutuhkan waktu satu hingga dua jam untuk mengisi daya sebesar 10 persen. Namun dengan teknologi hidrogen, durasi pengisian tersebut bisa berkurang hingga hitungan menit.

"Waktu penerbangan yang lebih lama ditambah dengan pengisian ulang yang lebih cepat akan membuat bisnis drone menjadi jauh lebih luas. Misalnya untuk misi pencarian, penyelamatan, pengiriman paket, dan masih banyak lagi," ujar Julian Hughes, Kepala Divisi Consumer Electronics di Intelligent Energy.

Sejauh ini, belum banyak informasi yang dapat dihimpun terkait drone bertenaga hidrogen ini. Kendati demikian, Intelligent Energy sudah mulai menggoda publik dengan memublikasikan foto prototipenya.

WHAT TO READ NEXT ?