CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 21 Maret 2016 10:00

Sebelum Android dan iOS, 7 tahun lalu OS smartphone ini yang terkenal

Masih ingat dengan Symbian?

Sebelum Android dan iOS, 7 tahun lalu OS smartphone ini yang terkenal

Techno.id - Persaingan industri smartphone semenjak tahun 2012 layak dibilang mulai membosankan. Betapa tidak, mulai tahun tersebut sampai 2015, pasar ponsel pintar dunia hanya dikuasai oleh Android dan iOS. Sistem operasi lain, mirisnya, tak mampu berkembang dan melawan dominasi keduanya.

Di akhir tahun 2015, Gartner melaporkan kalau lebih dari 97 persen smartphone di dunia ini telah bersistem operasi Android atau iOS. Perbandingan detailnya, 81,6 persen untuk OS bikinan Google dan 15,9-nya milik iPhone.

Market share sistem operasi smartphone dunia tahun 2009-2015
© 2016 Statista

 

Lucunya, 7 tahun lalu Android atau iOS tidak ada apa-apanya dibanding Symbian. Tahun 2009, OS tersebut memegang market share terbesar dengan 46,9 persen, disusul oleh OS buatan Research In Motion (RIM) alias BlackBerry dengan 34 persen. 

Pangsa pasar OS smartphone tahun 2009
© 2010 Gartner

 

Sistem operasi Symbian lahir pada 1997 dan dikembangkan oleh Symbian Ltd., sebelum dibeli oleh Nokia pada 2008. Saat itu, vendor ponsel pintar yang turut memopulerkan Symbian selain Nokia antara lain: Ericsson, Panasonic, Samsung, Siemens/BenQ, serta Sony Ericsson. Sedikit menyegarkan ingatan Anda, perangkat Symbian terpopuler waktu itu datang dari seri Nokia N.

Symbian saat itu memang menguasai, tetapi mulai kewalahan dengan tumbuhnya Android plus Apple. Sementara Windows Mobile hanya - dan masih - menjadi kompetitor medioker. Tahun 2010, era kebangkitan Android dimulai dan berlanjut sampai sekarang.

Menurut Anda, berapa lama lagi dominasi Android bakal bertahan sebelum tergantikan oleh OS lain seperti nasib Symbian?

WHAT TO READ NEXT ?