CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 11 Maret 2016 17:12

Di dunia ini, baru ada 12 software yang punya user 1 miliar lebih

Semuanya dimonopoli oleh Microsoft, Google, dan Facebook.

Di dunia ini, baru ada 12 software yang punya user 1 miliar lebih

Techno.id - Saat ini, WeAreSocial memprediksi sudah ada 3,4 miliar lebih pengguna internet di dunia dari total populasi manusia di Bumi sebanyak 7,4 miliar. Sementara penjualan smartphone pada 2015 versi Gartner sudah melebihi 1,4 miliar unit. Akan tetapi faktanya, tak banyak aplikasi dan software yang digunakan semiliar umat. Setidaknya untuk sekarang, baru ada 12 perangkat lunak yang memiliki 1 miliar lebih user.

Menariknya, semuanya seperti dimonopoli oleh tiga raksasa teknologi, yaitu Microsoft, Google, dan Facebook. Microsoft mendaftarkan Windows dan Office ke daftar ini, sedangkan Facebook Inc. mempunyai Groups, WhatsApp, serta media sosial miliknya sendiri.

Google boleh dibilang yang paling superior dibandingkan keduanya. Perusahaan yang berbasis di California itu menyumbang tujuh aplikasi sekaligus di daftar itu. Google Search, Maps, Chrome, Play, plus Gmail dan Android adalah serentetan karya Google yang mendunia. Periode yang mereka butuhkan untuk menjaring 1 miliar user pun cenderung cepat, tak selama Microsoft.

Dari daftar tersebut, Android adalah software yang membutuhkan waktu paling sedikit untuk mendapatkan pengguna ke 1 miliarnya, yakni kurang dari 6 tahun saja. Di sisi lain, OS andalan Microsoft, Windows, memerlukan lebih dari 25 tahun sedari 1985 sampai 2011.

Namun, bisa dibilang capaian Android itu banyak terbantu oleh semakin matangnya pasar smartphone dunia. Buktinya di tahun 2012, atau sekitar 3 tahunan setelah Android rilis, pengguna ponsel pintar dunia sudah menginjak angka 1 miliar lebih.

Grafis lengkap terkait 12 perangkat lunak terpopuler di dunia saat ini tersaji di grafis buatan VisualCapitalist.com berikut:

 

WHAT TO READ NEXT ?