Seagate luncurkan produk baru Personal Cloud & Personal Cloud 2-Bay

Seagate luncurkan produk baru Personal Cloud & Personal Cloud 2-Bay

Techno.id - Melalui siaran persnya, Seagate mengumumkan bahwa hari ini dua produk storage terbarunya telah diluncurkan. Sesuai namanya, kedua produk yang dinamai Seagate Personal Cloud dan Seagate Personal Cloud 2-Bay ini menyasar pengguna rumahan.

Seagate luncurkan produk baru Personal Cloud & Personal Cloud 2-Bay

Seagate juga mengklaim, produk terbarunya ini dapat memberikan aksesibilitas cloud storage dengan tingkat keamanan yang jauh lebih baik. Hal ini tak lain karena pengguna dapat langsung mengetahui bahwa konten data yang dimiliki telah tersimpan dengan baik di rumah pengguna itu sendiri.

Selain itu jika dikombinasikan dengan aplikasi Seagate Mobile Backup dan Dashboard software, Personal Cloud juga dapat berperan sebagai perangkat backup terpusat untuk PC, komputer Mac, USB drive, perangkat mobile iOS dan Android. Sedangkan yang membedakan kedua produk ini adalah kemudahan dalam mengakses live streaming di perangkat seperti smartphone, set-top boxes, tablet, PC, maupun televisi via aplikasi Seagate Media.

Bicara soal antarmuka, Cloud Storage bisa dibilang cukup sederhana. Pengguna hanya perlu terhubung dengan wireless router dan mengunduh aplikasi gratis Seagate Media yang telah mendukung banyak perangkat media seperti TV dan Blu-ray, Streaming media players (Apple TV), iPhone, Android, Tablet, dan perangkat berbasis DLNA (Sony Playstation 3 atau Microsoft Xbox 360).

Seagate juga menawarkan dua fitur menarik yang terdapat di Personal Cloud yang dii antaranya yakni aplikasi backup dan aplikasi sinkronisasi. Menariknya, kedua fitur ini telah mendukung (terintegrasi) dengan beberapa provider populer seperti Amazon, Dropbox, dan Google Drive.

Seagate luncurkan produk baru Personal Cloud & Personal Cloud 2-Bay

Secara garis besar, tidak banyak perbedaan antara Personal Cloud dan Personal Cloud 2-Bay. Namun, Personal Cloud 2-Bay diperuntukkan khusus bagi pengguna yang menginginkan lebih dari satu penyimpanan cadangan karena dirancang dengan dua internal drive.

"Dengan banyaknya perangkat komputasi genggam yang ada, muncul kecenderungan dalam mengakses dan menggunakan konten via layanan cloud," ujar Stephen Baker selaku Vice President Industry Analysis The NPD Group dalam siaran persnya.

"Produk seperti Seagate Personal Cloud menawarkan kesempatan akses cloud berbiaya rendah sembari tetap mempertahankan kendali atas konten termasuk kemampuan mengaksesnya di mana saja," lanjutnya.

Untuk ketersediaan, Seagate Personal Cloud saat ini sudah tersedia di Indonesia dalam kapasitas 3, 4, 5 Terabyte seharga Rp 3-4,5 jutaan. Sedangkan Seagate Personal Cloud 2-Bay tersedia dalam kapasitas 4, 6, 8 Terabyte seharga Rp 5-7,7 jutaan.

(brl/red)