CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 1 Maret 2015 18:00

SanDisk luncurkan microSD berkapasitas terbesar di dunia

SanDisk saat ini telah meluncurkan microSD dengan kapasitas terbesar di dunia. Kapan diluncurkan dan berapa harga yang dibanderol?

SanDisk luncurkan microSD berkapasitas terbesar di dunia

Techno.id - Sejauh ini kapasitas microSD yang beredar di pasaran pada umumnya berada di kisaran 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, dan (yang terbaru) 128GB. Namun SanDisk selaku perusahaan industri flash memory terkemuka baru-baru ini telah meluncurkan microSD berkapasitas 200GB yang artinya, SanDisk telah menciptakan microSD dengan kapasitas terbesar pertama di dunia saat ini.

Tentunya dengan kehadiran microSD berkapasitas 200GB ini akan menjadi sebuah berita yang menyenangkan sekaligus sebuah terobosan baru bagi dunia teknologi khususnya pengguna perangkat smartphone atau tablet yang mendukung memori eksternal. Mengingat besarnya kapasitas yang ditawarkan, setidaknya ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan dari produk terbaru SanDisk ini seperti dilansir AndroidCentral.com.

Pertama, apakah kapasitas sebesar ini dapat digunakan di smartphone atau tablet? Jawabannya adalah mungkin saja. Mengingat microSD sudah menjadi de-facto, kemudian banyaknya perangkat portable saat ini yang sudah mendukung microSD dengan berbagai tipe (SDSC, SDHC, SDXC) serta masalah inkompatibilitas yang dapat diselesaikan dengan firmware update.

Kedua, mengapa 200GB? Jika memperhatikan sejarah kapasitas memori yang dimulai dari angka 2, 4, 8, 16, 32, 64 dan 128, maka dapat dilihat bahwa di setiap jumlah peningkatan kapasitas memori microSD sejauh ini selalu dikalikan dengan angka dua. Sehingga logika untuk kapasitas memori selanjutnya adalah 256 dan bukan 200. Namun pihak SanDisk menjelaskan bahwa jumlah 200 didapatkan dari hasil penambahan angka 64 dan 128, yaitu 192. Sedangkan untuk sisanya (angka 8) adalah kapasitas ekstra.

Ketiga, kapan microSD ini secara resmi diluncurkan dan berapa harga yang dibanderol? MicroSD ini akan resmi diluncurkan di pasar global pada kuartal dua tahun ini (April-Juni 2015) dengan banderol harga sekitar Rp. 5,2 juta. Menurut rumor yang beredar, microSD 200GB ini akan diluncurkan pada waktu yang bersamaan atau berdekatan dengan waktu peluncuran Samsung Galaxy S6 dan Samsung S6 Edge.

WHAT TO READ NEXT ?