CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 21 Maret 2015 12:00

Percayakah Anda jika bor yang kecil ini dibuat dari printer 3D?

Mungkin Anda tidak akan menyangka bahwa bor yang sangat kecil ini juga dapat digunakan layaknya bor pada umumnya.

Percayakah Anda jika bor yang kecil ini dibuat dari printer 3D?

Techno.id - Karya seni memang tidak akan pernah ada batasnya. Berbicara mengenai karya seni, ada seorang insinyur pemeliharaan dari Selandia Baru yang sangat terobsesi dengan benda seni yang kecil-kecil. Insinyur yang bernama Lance Abernethy ini membuat bor yang sangat kecil menggunakan printer 3D, seperti yang dilansir oleh Mashable (19/03/2015).

Berbekal keahlian mengedit desain menggunakan software CAD dan sebuah printer 3D, insinyur ini membuat sendiri bor mini tersebut. Dia mengatur printer 3D-nya dengan kecepatan yang paling lambat agar hasil cetakannya sempurna. Lalu, apakah bor tersebut dapat bekerja seperti bor lainnya?

Walaupun bor yang yang dibuatnya begitu kecil dengan ukuran tinggi 17mm, lebar 7,5mm, dan panjang 13mm, ternyata bor ini dapat berputar dengan baik. Saking kecilnya ukuran bor tersebut, Lance menjadi kesulitan dalam merangkai komponen di dalamnya. Dia berencana akan menyematkan beberapa komponen seperti baterai, kabel, tombol kecil,
motor mini, dan mata bor berukuran 0,05mm.

Setelah perakitan selama tiga jam, akhirnya karya seni buatan Lance yang berbentuk bor mini ini dapat diselesaikan. Bor tersebut menjadi bor terkecil di dunia karena besarnya saja tidak lebih besar dari kuku jari tangan orang dewasa. Menarik bukan? Tertarik untuk membuatnya?

WHAT TO READ NEXT ?