Popularitas tablet menurun, vendor siapkan manuver baru

Popularitas tablet menurun, vendor siapkan manuver baru

Techno.id - Permintaan atas perangkat komputer tablet memperlihatkan penurunan di hampir seluruh dunia. Berbagai perusahaan pembuat perangkat tablet pun akhirnya mengumumkan penyesuaian strategi untuk memasarkan lini produk tablet mereka.

Dilansir Digitimes, Apple dan Microsoft berencana merilis tablet ukuran besar atau 2 in 1 dengan display di atas 12 inci. Sementara Asustek Computer dan Samsung menyatakan bahwa mereka akan mendorong lahirnya produk berspesifikasi tinggi dengan harga murah sedangkan Hewlett-Packard (HP), Acer dan Micro-Star International (MSI) sudah berpaling ke pasar tablet untuk korporat.

Sejak tablet meraih angka penjualan mencapai 170-200 juta, perangkat ini memiliki peran penting dan memicu banyak vendor melahirkan tablet baru. Bahkan, banyak perusahaan yang tetap memaksakan diri masuk ke pasar tablet meskipun produk ini mulai melahirkan kerugian bagi pembuatnya.

Manuver yang sedang dilakukan perusahaan itu diharapkan bisa membantu meningkatkan popularitas tablet buatannya di pasaran. Apple misalnya, yang dikabarkan berencana merilis tablet berukuran 12,9 inci di kuartal empat tahun ini dan Surface tablet dari Microsoft akan membawa layar berukuran lebih besar lagi.

Vendor asal Taiwan, Asustek telah mengapalkan hampir 10 juta tablet pada tahun 2014, tetapi angka penjualan itu masih juga membuat Asustek mengalami kerugian. Tahun ini, perusahaan itu disebutkan bakal mendorong seri ZenPad dengan penurunan angka pengiriman jadi 7 juta unit. Mereka berharap akan meraih keuntungan dari produk tablet di tahun 2016 mendatang.

Sementara itu, Samsung yang telah meluncurkan tablet berukuran 8 inci dan model 9,7 inci di garis entry-level Galaxy Tab disebutkan bakal menyediakan varian berkoneksi WiFi dan LTE yang lebih terjangkau. Mereka juga akan melengkapi produknya dengan S-Pen stylus sebagai upaya diferensiasi dari para pesaingnya.

Huawei yang telah ikut masuk ke pasar tablet dikabarkan sedang menyiapkan tablet berukuran 8 inci bernama M2 dengan desain dan spesifikasi serupa produk mainstream buatan Asustek. Sedangkan merek lainnya seperti Lenovo, HP, Acer dan Xiaomi akan menyesuaikan strategi tabletnya untuk mengejar ketinggalan dari vendor lain yang memiliki angka pertumbuhan yang baik.

Di pasaran, merek Acer, HP, Asustek dan MSI telah menawarkan perangkat dengan spesifikasi yang lebih rendah dari produsen lainnya. Mereka menawarkan produknya dengan harga lebih murah 30-50 persen dari merek lainnya dan dinyatakan sukses menarik permintaan dari pasar.

(brl/red)