Penjualan tablet semakin 'terjun bebas'

Penjualan tablet semakin 'terjun bebas'

Techno.id - Setelah banyak smartphone yang rilis dengan layar yang lebar sehingga kini pasar tablet semakin merosot. Dilansir oleh Phonearena.com (13/07/15), studi terbaru menunjukkan, salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan tablet yang terus menurun adalah adanya smartphone dengan layar besar.

Forest Research sebuah lembaga survei mengatakan jika 41 persen dari pekerja informasi global menggunakan smartphone dengan layar lebih besar 5 inci. Kemudian, Sebanyak 11 persen dari mereka yang disurvei mengatakan, keutamaan tablet mereka adalah phablet.

Bukti statistik menunjukkan jika peningkatan phablet memainkan peran besar dalam penurunan penjualann tablet. Tidak lama melakukan peluncuran Samsung Galaxy Note 4 tahun lalu, pangsa pasar penjualan tablet turun lima poin.

Selain itu, peluncuran iPhone 6 Plus tahun lalu yang memiliki bentang layar seluas 5.5 inci, juga berdampak pada penurunan penjualan iPad. Selama kuartal keempat tahun lalu, penjualan iPad turun 18 persen dari tahun ke tahun.

Hal ini juga ditambah dengan fitur baru tablet yang minim untuk melakukan inovasi. Hal inilah yang menjadi pendorong menurunnya penjualan tablet beberapa tahun belakangan.


(brl/red)