Personal Cloud: Solusi penyimpanan data masa kini

Personal Cloud: Solusi penyimpanan data masa kini

Techno.id - Penyimpanan data-data penting saat ini bukanlah perkara yang sulit. Pasalnya, banyak aplikasi maupun produk-produk cloud storage bertebaran di pasaran. Anda bisa dengan mudah menyimpan foto-foto berharga, bahkan mengirim dokumen pekerjaan melalui bantuan aplikasi cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, maupun Facebook. Aplikasi maupun layanan tersebut dapat membantu Anda dalam melakukan penyimpanan data yang tersentralisasi sekaligus menyediakan akses ke berbagai layanan dan berbagai pilihan sumber.

Nah, jika Anda ingin memaksimalkan layanan penyimpanan awan yang telah Anda gunakan, saat ini banyak beredar perangkat Personal Cloud di pasaran. Personal Cloud adalah komponen digital yang hadir sebagai solusi penyimpanan data masa kini.

Penggunaan Personal Cloud diklaim akan lebih memudahkan dalam menyimpan data-data penting Anda yang jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan. Oleh karena itu, kemampuan Personal Cloud untuk mensentralisasi data akan memudahkan Anda mencari data yang telah Anda simpan jika suatu saat dibutuhkan kembali. Selain itu, penggunaan Personal Cloud akan lebih memudahkan Anda dalam mengakses data melalui berbagai perangkat mobile dan dari mana saja tempat Anda berada. Bahkan, untuk lebih memanjakan Anda, Personal Cloud juga menyediakan kemampuan streaming, sehingga jika suatu saat pesawat Anda mengalami keterlambatan atau tiba-tiba radio Anda mengalami kerusakan, perangkat ini dapat melakukan streaming video atau berbagai pilihan musik untuk menghilangkan kejenuhan.

Selain dua kemudahan seperti yang disebutkan di atas, sesuai dengan nama yang diusungnya, Personal Cloud juga menawarkan akses data yang lebih personal. Anda dapat menjadwalkan backup sesuai dengan waktu yang Anda tentukan sendiri, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan sentralisasi, personalisasi, pengamanan, serta sinkronisasi konten yang Anda miliki sehingga konten-konten tersebut dapat tersedia kapan pun saat dibutuhkan.

Kendati demikian, Rex Dong, Managing Director and Sales Seagate untuk kawasan Asia, mengingatkan, proses penyimpanan data akan lebih efektif jika didukung dengan kesadaran pengguna saat menyimpan datanya. Menurutnya, proses penyimpanan data akan lebih efektif jika dilakukan sesegera mungkin, sehingga kemungkinan kehilangan data diminimalkan.

Saat ini, solusi penyimpanan data atau Personal Cloud yang tersedia di pasaran juga telah dibekali dengan fitur-fitur bermanfaat yang memungkinkan Anda untuk mentransfer data dari perangkat mobile ke hard disk eksternal. Fitur-fitur bermanfaat tersebut antara lain fitur nirkabel, storage awan, serta percadangan media sosial otomatis. Jadi, tunggu apalagi, sekarang saatlah yang tepat untuk mencadangkan semua data yang Anda miliki pada perangkat mobile dan media sosial untuk mengamankan momen-momen istimewa dalam hidup Anda.

(brl/red)