Panasonic dan Mozilla luncurkan smartTV dengan OS Firefox

Panasonic dan Mozilla luncurkan smartTV dengan OS Firefox

Techno.id - Pasca meluncurkan ponsel yang ditanami Firefox OS di Afrika, kali ini Mozilla menyebarkan OS buatannya itu ke perangkat lain, yakni smartTV. Tak sendiri, Mozilla juga menggandeng Panasonic dalam proyek ini.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Panasonic untuk memperkenalkan smartTV dengan Firefox OS pada dunia," ujar Andreas Gal, Chief Technology Officer (CTO) Mozilla.

Di sisi lain, pihak Panasonic mengaku puas dengan kerja sama ini.

"Kolaborasi ini membantu kami dalam menyajikan User Experience (UX) yang lebih baik pada konsumen sekaligus menjadi pembeda di pasar smartTV," Masahiro Shinada, Direktur Divisi Bisnis Televisi Panasonic.

Panasonic dan Mozilla luncurkan smartTV dengan OS Firefox
SmartTV Panasonic VIERA 2015 mozilla.org

Harapannya, kehadiran Firefox OS di smartTV ini tak hanya akan bermanfaat untuk user, tetapi juga developer, operator, hingga perusahaan hardware lain. Sebab, televisi pintar ini bakal dilengkapi dengan pelbagai aplikasi penunjang serta pendukung aktivitas browsing.

Dalam blog resminya (14/5/15), produk smartTV bertitel VIERA ini sudah diluncurkan di Eropa. Rencananya, produk ini juga akan dijual secara global dalam beberapa bulan mendatang.

(brl/red)