Mozilla Firefox hanya menggunakan HTTPS saja

Mozilla Firefox hanya menggunakan HTTPS saja

Techno.id - Mozilla Firefox sedang merencanakan untuk mendukung koneksi HTTPS (HTTP Secure) serta meluncurkan fitur terbaru yang hanya memuat situs yang aman saja. Pengembang dari browser Mozilla Firefox, Richard Barnes telah memutuskan setelah berdiskusi dengan komunitasnya bahwa hanya akan menggunakan fitur untuk mengamankan situs.

Dengan keputusan tersebut, Mozilla Firefox secara bertahap akan menghilangkan akses ke fitur peramban untuk situs yang tidak aman (HTTP), terutama fitur yang bisa membahayakan keamanan dan privasi pengguna. Hal ini mau tidak mau harus dituruti oleh pengguna, di mana masyarakat akan menyetujui pemblokiran situs-situs yang tidak aman.

Walaupun Mozilla Firefox akan memblokir situs yang tidak aman, tetapi mereka tetap membolehkan penggunanya untuk melihat situs yang tidak aman. Saat ini, Mozilla Firefox telah memblokir semua akses ke situs tidak aman yang meminta akses kamera dan telepon. "Tetapi situs-situs yang tidak aman tersebut tidak akan mendapatkan akses ke fitur baru Mozilla Firefox seperti akses ke perangkat keras," kata Richard, seperti yang disadur dari MacWorld (1/5/2015).

"Menghapus fitur dari situs tidak aman mungkin akan menyebabkan beberapa situs untuk istirahat. Meski demikian, pengguna bisa lebih aman dalam menggunakan peramban," ungkapnya.

(brl/red)