Panasonic ciptakan teknologi identifikasi benda menggunakan LED

Panasonic ciptakan teknologi identifikasi benda menggunakan LED

Techno.id - Panasonic dikenal sebagai produsen elektronik dari Jepang yang telah menawarkan berbagai macam produk elektronik. Kebanyakan yang dijual Panasonic merupakan peralatan yang berhubungan dengan rumah tangga, dari mulai televisi, kulkas, kamera, home theater, mesin cuci, telepon, dan lain-lain. Namun, belum lama ini mereka menciptakan teknologi baru menggunakan sebuah LED.

Jadi, LED yang dikembangkan Panasonic ini mengandung informasi pengkodean yang dapat membantu konsumen dalam berbelanja. Pemancar LED yang disematkan di sebuah benda, mampu mengirimkan sinyal ke ponsel pengguna kemudian menampilkan berbagai informasi terkait benda tersebut. Menariknya lagi, teknologi ini mampu digunakan untuk memesan atau membeli item tersebut.

Semisal, kemeja yang dijual di mall disematkan LED pemancar dari Panasonic, maka ketika kemeja tersebut dipindai dengan smartphone maka akan tampak berbagai informasi dari kemeja dari mulai ukuran, warna, harga, dan masih banyak lagi.

Menurut laporan PhoneArena (18/5/15), ini bukanlah teknologi baru menggunakan LED untuk memindai sebuah benda. Namun, dalam teknologi ini Panasonic telah meningkatkan kecepatan transmisi datanya secara signifikan. Bahkan, LED tersebut tidak akan mengeluarkan cahaya yang tampak di mata manusia. Bisa dibilang LED ini seperti inframerah.

Panasonic akan meluncurkan teknologi ini tahun depan. Mereka berharap supaya teknologi LED ini bisa digunakan oleh produsen lain dan dapat segera diaplikasikan ke berbagai produk.

(brl/red)