Beredar kabar Panasonic G7 dan Fujifilm X-T10 akan segera diluncurkan

Beredar kabar Panasonic G7 dan Fujifilm X-T10 akan segera diluncurkan

Techno.id - Beredar kabar bahwa dua perusahaan pembuat kamera dunia, Panasonic dan Fujifilm akan segera memperkenalkan produk terbaru mereka ke pasar fotografi digital. Kabarnya, produk terbaru yang akan segera diluncurkan oleh dua perusahaan tersebut adalah penerus untuk generasi G dan X, yakni Panasonic G7 dan Fujifilm X-T10.

Seperti dilansir oleh SlashGear (14/5/15), kedua kamera tersebut akan mengusung desain dan fitur yang lebih menarik dibanding pendahulunya. Panasonic G7 misalnya, kamera ini membawa desain yang lebih "lurus" ketimbang pendahulunya G6. Seperti diketahui, G6 memang mengusung desain dengan lekukan di beberapa bagian. Selain itu, G7 juga mengusung tombol baru di bahu sebelah kiri untuk mengubah mode drive. Ya, desain G7 kali ini memang sebagian besar mirip dengan kamera besutan Panasonic lainnya, Lumix GH4.

Beredar kabar Panasonic G7 dan Fujifilm X-T10 akan segera diluncurkan

Bocoran tampilan Panasonic G7 2015 slashgear.com

Selain desain yang dikabarkan lebih mirip dengan Lumix GH4, dari sisi kemampuan pun G7 juga memiliki kemiripan dengan Lumix GH4. Semisal saja, kemampuan G7 dalam membidik foto dan video dengan sensor 16MP Digital Live MOS, serta kemampuan menangkap gambar dalam kecepatan 30 dan 24fps yang hampir mirip dengan Lumix GH4.

Berbeda dengan Panasonic G7, Fujifilm X-T10 justru tidak begitu banyak mengusung perbedaan dari aspek desain dengan pendahulunya, X-T1. Disebutkan jika selain mengusung mode drive pada bahu kiri, X-T10 juga mengusung kemampuan untuk flash pop-up. Selain itu, tombol Fn yang pada X-T1 ditemukan di bahu kanan atas, sengaja di pindah ke bahu sebelah kanan bawah dengan alasan kenyamanan.

Beredar kabar Panasonic G7 dan Fujifilm X-T10 akan segera diluncurkan

Bocoran tampilan Fujifilm X-T10 2015 slashgear.com

X-T10 dilaporkan masih mengusung spesifikasi yang sama dengan pendahulunya, seperti sensor 16,3MP APS-C X-Trans CMOS II. Namun, untuk urusan Max ISO, X-T10 mendapatkan jumlah yang lebih banyak dari X-T1 yakni sebesar 51.200.

Belum diketahui secara pasti, kapankah tanggal peluncuran untuk dua kamera unggulan ini. Namun, beredar kabar bahwa Panasonic dan Fujifilm akan segera memperkenalkan dua kamera ini pada 18 Mei 2015 mendatang.

(brl/red)