CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 21 Desember 2015 09:00

Pabrikan Israel buat perangkat mata-mata untuk smartphone

Rayzone Group asal Israel membuat perangkat yang dapat mengekstrak informasi dari smartphone didekatnya.

Pabrikan Israel buat perangkat mata-mata untuk smartphone

Techno.id - Rayzone Group perusahaan yang berbasis di Tel Aviv, Israel baru-baru ini mengumumkan produk terbarunya yang disebut InterApp. Uniknya, produk ini diklaim mampu memata-matai menggunakan kerentanan aplikasi yang terinstal di smartphone.

Seperti dilansir oleh Softpedia (19/12/15), InterApp mampu 'masuk' ke smartphone melalui koneksi WiFi yang terbuka serta memanfaatkan kerentanan keamanan aplikasi untuk mendapat izin root pada perangkat dan akhirnya meng-exfiltrate informasi ke server taktis. Pihak Rayzone mengungkapkan jika InterApp dapat mencuri kata sandi alamat email pengguna, password aplikasi jejaring sosial, password Dropbox dan file, daftar kontak telepon, dan juga galeri foto dari smartphone.

Tak hanya itu, InterApp juga diklaim mampu memperoleh lokasi geografis smartphone sebelumnya, rinician IMEI, data MSISDN, alamat MAC, model perangkat, info OS. Bahkan, InterApp juga dapat mencuri informasi pribadi target mata-mata seperti jenis kelamin, usia, alamat, pendidikan, dan informasi lainnya.

Menariknya, perangkat ini dapat bekerja dengan hampir seluruh jenis platform, mampu beroperasi dengan cepat, dapat menangani ratusan perangkat pada saat yang sama, dan tidak membutuhkan kemampuan teknis untuk mengoperasikannya, serta dilengkapi dengan panel administrasi idiot-proof. Bahkan uniknya, InterApp diklaim tak akan meninggalkan jejak forensik pada smartphone target.

Kendati demikian, Rayzone Group mengungkapkan jika perangkat ini nantinya tak akan dijual bebas. InterApp hanya akan dijual kepada pihak-pihak tertentu seperti lembaga penegakan hukum, pihak kepolisian, bandara, atau tim investigasi sebuah institusi.

WHAT TO READ NEXT ?