CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 30 April 2016 06:00

Mengapa Anda harus yakin smartphone Tiongkok bisa sisihkan iPhone

Penjualan iPhone kini merosot dibanding tahun lalu, sementara vendor seperti Oppo dan Vivo semakin menguat.

Mengapa Anda harus yakin smartphone Tiongkok bisa sisihkan iPhone

Techno.id - Melihat dari hasil penjualan iPhone di awal tahun ini, raksasa Cupertino layak kecewa terhadap iPhone SE. Sebab, tak cuma miskin inovasi seperti sorotan CEO asal Tiongkok ini, handset 4 inci itu juga gagal melapangkan penjualan iPhone di kuartal pertama 2016.

Dari pantauan IDC (27/04/16), Apple hanya mampu melego 51,2 juta unit iPhone, jumlah yang 10 juta lebih sedikit ketimbang Q1 2015. Dengan perolehan ini, Apple memang masih menduduki posisi kedua produsen smartphone terpopuler di dunia, tetapi pertumbuhan dari tahun ke tahunnya kian memalukan. Bahkan, kalah jauh dibandingkan dengan vendor asal Tiongkok seperti Oppo dan Vivo.

Ya, dua nama itu sukses merangsek ke lima besar vendor ponsel pintar top dunia. Kompatriot mereka, Lenovo dan Xiaomi, pun dipaksa minggir.

Momen kebangkitan pemasok smartphone dari Negeri Tirai Bambu ini patut diwaspadai oleh Apple. Dengan pertumbuhan year-on-year lebih dari 100 persen, Oppo dan Vivo adalah ancaman nyata dalam beberapa bulan mendatang bagi perusahaan yang sedang menelan nominal keuntungan terendah sejak 2003 itu. Belum lagi ada Huawei yang terus menguntit di posisi ketiga. Penjualan smartphone berlogo kipas merah itu pun terpantau naik dari Q1 2015 sebesar 58 persen.

Dengan fakta ini, Apple perlu menyiapkan senjata ampuh untuk melumpuhkan pasukan Android dari Tiongkok sesegera mungkin. Barangkali, memupuskan niat untuk meluncurkan versi 'S' dan langsung melompat ke iPhone 7 yang mengusung teknologi lebih tinggi bisa menolong. Pasalnya, konsumen kelas menengah yang selama ini sudah memandang Apple sebagai brand yang terlalu mahal pun bergeming ketika disodori iPhone SE.

WHAT TO READ NEXT ?