CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 21 Maret 2015 09:00

Meski populer, banyak orang kesulitan mengingat logo Apple

Siapa sangka, di balik kepopulerannya, ternyata banyak orang tidak ingat betul bagaimana detail logo Apple.

Meski populer, banyak orang kesulitan mengingat logo Apple

Techno.id - Tingginya permintaan pasar akan produk-produk Apple seperti iPhone, iPad, dan AppleWatch (yang baru-baru ini ramai dibicarakan), membuat raksasa teknologi ini menjadi sangat populer di dunia. Namun, keadaan ini tidak serta merta membuat banyak orang menjadi mudah ingat dengan logo perusahaan dari Cupertino, California ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of California, Los Angeles atau UCLA, Amerika, menyebutkan bahwa sebagian besar mahasiswa yang menjadi subjek penelitian, yang 89% diantaranya adalah pengguna Apple, dilaporkan tidak ingat dan kesulitan saat diminta untuk menggambar logo Apple. Penelitian ini menyebutkan bahwa hanya tujuh dari sepuluh subjek yang mampu menggambar logo tanpa kesalahan besar, dan hanya satu orang saja yang bisa menggambar logo dengan akurat.

Selain itu, para subjek mengalami kesulitan mengenali logo saat dihadapkan pada sederet gambar yang memiliki kemiripan dengan logo Apple. Sebanyak 47% dari subjek penelitian dapat mengenali logo yang tepat, sedangkan 53%-nya masih kesusahan saat harus memilih manakah logo Apple yang tepat.

Disebutkan dalam The Verge (11/3/15), para peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa kesulitan subjek dalam mengingat logo dikarenakan timbul "kejenuhan attentional" yang pada akhirnya menyebabkan "amnesia attentional". Keadaan seperti ini, menyebabkan orang berhenti memperhatikan detail logo yang terlalu sederhana, karena otak memerintahkan demikian. Otak manusia digunakan setiap hari untuk memperhatikan gambar di mana saja dengan menggunakan sistem memori adaptif dan efisien. Kemampuan ini membuat otak akan menghindari menyimpan informasi yang tidak perlu, seperti mengingat bagaimana bentuk logo Apple.

Nah, bagi Anda yang saat ini menggunakan produk-produk Apple, apakah Anda bisa menggambarkan logo gadget high end ini dengan tepat?

WHAT TO READ NEXT ?